WHO: Tiap 40 Detik Ada Satu Orang Bunuh Diri

WHO: Tiap 40 Detik Ada Satu Orang Bunuh Diri

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan bahwa tahun ini, satu orang melakukan bunuh diri setiap 40 detik. Jumlah tersebut melebihi korban perang dan bencana alam. Kasusu ini kebanyakan terjadi dari orang-orang yang sebagian besar telah mencapai usia dewasa.

Dalam laporan pertamanya tentang bunuh diri, PBB telah melakukan sosialisasi ke beberapa media sosial.

“Bunuh diri merupakan masalah kesehatan masyarakat yang luar biasa Ada kejadian bunuh diri setiap 40 detik. Itu adalah jumlah yang besar,” kata Shekhar Saxena, direktur dari departemen kesehatan mental WHO, seperti dikutip Channel News Asia.

“Ada 1,5 juta kematian akibat kekerasan setiap tahun di seluruh dunia, yang 800.000 diantaranya adalah kasus bunuh diri.” Sambungnya.

Eropa Timur dan Eropa Tengah serta Asia adalah beberapa negara di mana tingkat bunuh diri sangat tinggi, dengan 25 persen terjadi di negara-negara kaya dan makmur.

Pria hampir dua kali lebih mungkin dari pada perempuan untuk mengakhiri hidup mereka dengan cara bunuh diri. Metode yang umum dilakukan adalah menggantung diri sendiri, menembak kepala sendiri, dan di daerah pedesaan penggunaan insektisida beracun.

“Secara global, tingkat bunuh diri tertinggi pada orang berusia 70 tahun ke atas. Namun, di beberapa negara, tingkat tertinggi ditemukan pada anak muda atau saat memasuki dunia kerja,” kata WHO.

“Secara luas, bunuh diri adalah penyebab kedua dari kematian orang-orang yang berusia antara 15 sampai 29 tahun.”

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: