Omah Munir Desak Jokowi Selesaikan Kasus HAM

Omah Munir Desak Jokowi Selesaikan Kasus HAM

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Sudah satu dekade Munir Said Thalib meninggal dunia. Namun, dalang dari kematian aktivis hak asasi manusia ini masih belum ditangkap.

“Kami berharap pemerintah Jokowi cukup berani untuk menyelesaikan kasus Munir, mengingat ada banyak hal yang berhubungan dengan kasu-kasus hak asasi selama sepuluh tahun terakhir,” kata Luthfi J. Kurniawan, pengurus dari harian Asosiasi Omah Munir, Minggu (7/9).

Pemerintah Jokowi, kata dia, harus memiliki keberanian untuk menyelesaikan kasus ini, dan menemukan dalang pembunuhan yang bisa dibilang kejam. Sejauh ini, hanya mantan pilot Garuda Pollycarpus Budihari Priyanto yang divonis bersalah dan dijatuhi hukuman 14 tahun penjara. Mantan Badan Intelijen Negara (BIN) Muchdi Purwoprandjono dinyatakan tidak bersalah dalam pengadilan beberapa tahun lalu.

“Ya, tentu saja ini masih belum terasa adil bagi kami. Sebab sebenarnya banyak orang-orang yang terkait dalam pembunuhan ini. Kami akan terus berjuang demi keadilan,” sambungnya.

Apalagi kemudian Kepala BIN Hendropriyono yang tidak pernah dipertanyakan kesaksiannya oleh otoritas pemerintah saat ini. Hendro adalah penasihat transisi tim Jokowi-JK saat ini.

“Dalang di balik pembunuhan Munir masih di luar sana, bebas berkeliaran yang mungki bisa saja kejadian yang menimpa Munir terjadi lagi,” kata Lutfhi.

Lutfi berharap presiden terpilih akan berani untuk menyelesaikan terpecahkan pelanggaran kasus HAM, termasuk Munir.

“Kasus Munir dapat menjadi pintu masuk untuk mengungkapkan kasus pelanggaran hak asasi manusia.” Tutupnya.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: