Kota Layak Anak Hanya Menghiasi Langit Kota Depok

Kota Layak Anak Hanya Menghiasi Langit Kota Depok

HarianDepok.com – Berita , Depok sebagai salah satu kota di Jawa Barat ini dimaksudkan untuk menjadi kota ramah anak bersama dengan kota-kota lain. Namun, konsep kota Layak Anak sepertinya masih belum terlihat.

“Kampanye Kota Layak Anak itu yang ada di langit saja, tidak ada aktivitas atau perubahan sama sekali,” ucap JJ Rizal, Sabtu (6/9).

“Katanya di Rumah Sakit Umum Daerah akan ada inkubator bagi bayi. Sampai saat ini tidak ada, apa masih pantas dikatakan kota layak anak.?” sambungnya

Belum lagi, Rizal mengatakan, berbicara lebih jauh soal tawuran di kota ini. Pendidikan Depok sebagai bagian dari kota, kata dia, harus memiliki siswa yang lebih berpendidikan juga.

Bahkan, sebut Rizal, rata-rata, setiap tahun, satu anak meninggal karena tawuran pelajar. Menurut dia, masalah tawuran disini masih menjadi pertanyaan yang hingga saat ini oleh pemerintah kota belum diselesaikan.

“Kok mau jadi Kota Layak Anak,” ucapnya.

Lokasi yang sering digunakan dalam tawuran di Sawangan pun, menurut Rizal tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah.

Depok menyatakan diri sebagai Kota yang ramah dan layak bagi anak dari Peraturan Daerah Depok Nomor 15 Tahun 2013 tentang pelaksanaan inti perkotaan anak. Peraturan ini, antara lain, berkaitan dengan Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Kesejahteraan Anak Nomor 11 Tahun 2011 tentang perkembangan kebijakan kotamadya anak yang memenuhi syarat.

Inti dari konsep Kota Layak Anak merupakan kebijakan pemerintah kota yang dapat memenuhi hak-hak anak. Di antara hak-hak anak yang harus dipenuhi dengan adanya taman bermain dan-lingkungan yang ramah bagi anak-anak.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok