AS, Negara Tujuan Ekspor Terbesar Untuk Kopi Gayo

AS, Negara Tujuan Ekspor Terbesar Untuk Kopi GayoHarianDepok.com – Bisnis, Amerika Serikat adalah negara terbesar dalam tujuan ekspor kopi Gayo yang dihasilkan dari Kabupaten Aceh Tengah, Aceh.

“Aceh Tengah merupakan salah satu eksportir kopi arabika terbesar, terutama ke Amerika Serikat, dengan jumlah mencapai ton-ton-an selama Januari-Juni 2014,” ucap Asisten I Kabupaten Aceh Tengah Muhammad Syukri.

Selain Amerika Serikat, Ekspor kopi arabika Gayo juga telah merambah pasar di Kanada dengan jumlah hingga 154.400 kilogram. Jerman 56,400 kilogram, Swedia 19,200 kilogram, Irlandia 18.000 kilogram, Selandia Baru 18.000 kilogram dan Belanda 300 kilogram.

“Permintaan untuk kopi selalu begitu tinggi bahkan kadang-kadang melebihi produksi. Permintaan untuk kopi kualitas khusus, memang sedang banyak dicari saat ini oleh warga dunia. Mungkin ini karena ranah Sumatera memang memiliki kualitas kopi terbaik.” Jelas Syukri.

Kopi yang diekspor masih berbentuk biji, yang memiliki kriteria di 300 gram kopi mentah, kelas mungkin tidak lebih dari 11.

Kabupaten Aceh Tengah merupakan salah satu sentra produksi kopi arabika, dengan luas perkebunan sekitar 48 ribu hektar dan produksi rata-rata mencapai 25 ribu ton per tahun.

Sebagian besar orang Aceh Tengah tinggal di daerah perkebunan kopi. Jumlah tersebut mencapai 36.000 kepala keluarga, atau 80,18 persen, dari total populasi di Aceh Tengah, yang mencapai 214.000 jiwa.

“Para penduduk Aceh memang banyak yang menjadi petani kopi, kopi yang dihasilkan memang sangat disukai warga dunia,” tutupnya.

Tags: