Tim Kesenian Gianyar Ramaikan Festival Kesenian Yogyakarta 2014

Tim Kesenian Gianyar Ramaikan Festival Kesenian Yogyakarta 2014HarianDepok.com – Entertaiment, Tim Kesenian dari Gianyar Bali akan ambil bagian untuk meramaikan Festival Kesenian Yogyakarta ke XXVI di Pasar Nasem hari ini.

“Duta Kesenian Gianyar akan menghadirkan Epic Ramayana dalam seni pertunjukan dengan tema Kumbakarna Gugur, yang dikemas dalam empat jenis pertunjukan,” ucap Made Sidia dari Sanggar Paripurna Gianyar dalam sebuah pernyataan.

Made mengatakan empat pertunjukan terdiri dari pesanti, wayang kulit, wayang wong dan Cak Bona dengan durasi 2 jam.

Keempat pertunjukan akan terkait dan terhubung satu sama lain yang dimulai dengan Pesantian, menceritakan kisah perang antara Rama dan Rahwana. Kemudian kinerja Wayang Kulit yang menceritakan tentang pertemuan Rama dan Sugriwa, untuk mengatur strategi perang melawan Kumbakarna.

Cerita kemudian menghubungkan pikir kinerja Wayang Wong, yang mengatakan sengketa antara Kumbakarna dan Rahwana, sebelum memasuki medan pertempuran. Maksud dari cerita ini adalah bahwa Kumbakarna bersedia untuk pergi berperang untuk membela negaranya yang telah diserang, bukan untuk membela Rahwana.

Made Sidia menambahkan bahwa penggunaan empat pertunjukan seni dalam satu alur cerita adalah untuk memperkenalkan berbagai potensi seni dan budaya di Bali dan Gianyar khususnya.

Menurut Sidia, pesan yang ingin disampaikan adalah ksatria dan kewarganegaraan karakter Kumbakarna yang bersedia mati untuk tanah kelahirannya, bukan untuk membela Rahwana yang serakah.

“Pementasan telah dipersiapkan sejak sebulan lalu,” kata Made Sidia.

Bupati Gianyar, Gede Agung Bharata, memiliki kesempatan untuk mengunjungi latihan tim yang diadakan di Paripurna Studio.

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok