Pemkot Depok Siapkan Pembekalan Kurikulum 2013

Pemkot Depok Siapkan Pembekalan Kurikulum 2013HarianDepok.com – Berita, Kurikulum 2013, yang diimplementasikan pemerintah dinilai sangat amburadul dan tak terkendali. Dari mulai kesiapan personel guru dan prasarana pendidikan, sampai SDM guru saat mengajar. Meskipun kurikulum tahun 2013 diyakini mampu memberikan karakter pendidikan dan moral kepada para siswa.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Depok, Hary P Pansila, menyatakan keprihatinannya tentang pelaksanaan kurikulum tahun 2013, namun, menurutnya, Depok harus siap dengan penerapan kurikulum tahun 2013, apalagi dalam menghadapi Asean Economic Community (AEC)).

“Walaupun mungkin dari pusat tidak sepenuhnya 100 persen, sebenarnya embrio nyatanya Depok sudah dimulai dari 2-3 tahun yang lalu. Siapkan diri, tidak hanya itu, kita juga akan menyambut AEC 2015 dimana kompetensi akan menjadi prioritas,” katanya di Balaikota Depok.

Di tempat lain, Kadisdik Hary menyarankan agar guru dan siswa harus memiliki keterampilan, pengetahuan dan sikap dan karakter, terlepas dari kurikulum baru atau tidak. Dalam hal ini, Pemerintah Kota Depok telah menyampaikan bekal sebagai pendamping kurikulum 2013 bagi siswa SMA sederajat dalam bentuk pelatihan atau keterampilan.

“Anak-anak SMA dan SMK, mungkin ada yang tidak melanjutkan ke bangku kuliah. Kami menyediakan bekal keterampilan, dana bergulir ke dalam perubahan anggaran, lifeskill dengan mendapatkan sertifikat,” paparnya

“Harus ada inovasi, mengembangkan diri. Tuntuan zaman membuat kita mau tak mau harus terus berkompetisi. Guru-guru juga harus ikut bersosialisasi. Kalau Cuma menunggu undangan daro pusat, ya sulit juga ya. Kita haru ketuk tular.” Tutupnya.

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)