Setelah Jero Wacik, KPK Tangkap Lagi Nama Baru

Indonesian energy and minerals ministerHarianDepok.com – Berita – Nasional, Menteri Sumber Daya Mineral dan Energi Indonesia Jero Wacik telah dinyatakan sebagai tersangka dalam kasus korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi negara (KPK). Diduga, Jero Wacik terlibat dalam kasus yang menyebabkan tujuh tahun penjara untuk mantan Kepala regulator migas di Indonesia SKKMigas Rudi Rubiandini (untuk pencucian uang serta menerima suap dari Singapura berbasis Kernel Oil Pte Ltd dan Indonesia berdasarkan Kaltim Parna Industriy yang memberikan imbalan untuk pemberian tender menguntungkan dalam menjual minyak).

Kasus ini ternyata tidak menyerang Jero Wacik saja. Sekretaris Jenderal Kementerian, Waryono Karno, ditangkap setelah uang senilai USD $ 200.000 ditemukan di kantornya.

Wacik juga merupakan anggota senior Partai Demokrat (Partai Demokrat, PD). Partai ini telah melihat beberapa skandal korupsi dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini menyakitkan sebagai pihak yang memenangkan pemilu legislatif 2009 berdasarkan janjinya untuk memerangi korupsi politik.

Wacik adalah menteri ketiga yang duduk dalam kabinet kedua Yudhoyono yang dituduh korupsi. Mantan Menteri Olahraga Andi Mallarangeng dan mantan Menteri Agama Suryadharma Ali. Andi Mallarangeng dihukum empat tahun penjara dan denda Rp 200 juta untuk perannya dalam kasus kompleks olahraga Hambalang di Bogor (Jawa Barat). Suryadharma Ali mengundurkan diri dari jabatannya pada akhir Mei 2014 untuk fokus pada pembelaannya setelah dinyatakan sebagai tersangka dalam kasus korupsi dana haji.

Tags: