AS Terus Menyelidiki Keaslian Dari Video Pemenggalan Stephen Sotloff

AS Terus Menyelidiki Keaslian Dari Video Pemenggalan Stephen Sotloff

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Kelompok Negara Islam (IS), yang sebelumnya bernama Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), kembali merilis video mencengangkan yang memenggal kepala dari reporter Amerika Serikat di Youtube. Kali ini, wartawan yang menjadi korban adalah Stephen Sotloff , 31 tahun.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Jen Pski, mengatakan bahwa para pejabat sedang menyelidiki keaslian video tersebut.

“Jika video tersebut benar, kami muak,” katanya seperti dikutip Voice of America, Rabu (3/9).

Juru bicara Gedung Putih Josh Earnest, juga menyampaikan bahwa pihaknya tidak dapat mengkonfirmasi keaslian pemenggalan video itu. Namun, Amerika Serikat segera menyatakan belasungkawa kepada keluarga Sotloff dan mereka yang mengupayakan pembebasannya.

Video yang di unggah ke Youtube itu didistribusikan melalui Internet dan situs-situs ISIS. Namun, beberapa situs kelompok jihad menempatkan peringatan bahwa video akan diposting hari ini.

Dalam video berdurasi 2 menit 46 detik itu disebut “Pesan kedua untuk Amerika.” Dalam video tersebut, Sotloff tampil mengenakan jubah oranye, sementara si pembunuh mengenakan pakaian hitam dan penutup wajah.

“Kami kembali Obama. Karena kebijakan luar negeri Anda yang sanga arogan pada ISIS, meskipun kami telah memberikan peringatan serius,” kata pembunuh saat mulai melakukan tindakannya.

“Karena rudal Anda terus menyerang warga kami, kami akan terus mengancam leher warga Anda.”

Pada akhir video, si pembunuh mengancam akan membunuh para sandera selanjutnya, seorang warga Inggris bernama David Haines Cavthorne. ISIS masih belum mengungkapkan identitas siapa Sotloff yang ada dalam video tersebut.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok