Listrik Naik, Tarif Dibedakan Menurut Golongan

Listrik Naik, Tarif Dibedakan Menurut Golongan

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Pada akhir pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, perdebatan soal kenaikan energy listrik kian naik ke permukaan. Setelah sempat digegerkan dengan kenaikan BBM pada akhir masa jabatanya, presiden menegaskan bahwa pemerintahnya tidak akan menaikkan harga BBM saat ia mengundurkan diri.

Namun, dalam posting lain, tarif dasar listrik (TDL) mulai naik untuk beberapa kelas pelanggan listrik. kenaikan listrik ini terhitung efektif sejak hari Senin, 1 September, 2014. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik mengatakan bahwa peningkatan tariff listrik ini bukanlah hal baru.

Setelah menghadiri pertemuan dengan Komisi VII DPR, Wacik menjelaskan kenaikan TDL skema. Ia mengatakan ia berencana untuk secara bertahap meningkatkan dengan cara perlahan atau sedikit demi sedikit. Alasannya adalah bahwa orang tidak benar-benar terpengaruh oleh harga yang meningkat.

Ada beberapa kelas pelanggan listrik yang terkena kenaikan listrik TDL. Yakni adalah golongan I3 yang naik 8,6 persen, I4 yang naik 13,3 persen setiap dua bulan. Kedua kelompok ini telah mengalami peningkatan sejak terakhir 1 Mei 2014. Sementara kenaikan pada awal September ini adalah tahap yang ketiga.

Adapun untuk enam golongan listrik yang lainnya, akan naik di tahap kedua per dua bulan hingga bulan November. Mereka adalah kelas non-terdaftar I3 yang secara bertahap mengalami peningkatan 11,57 persen, golognan R3 dengan kapasitas 3.500-5.000 VA yang akan naik secara bertahap 3,7 persen.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok