Soal Kursi Partai Dan Alasan Pentingnya Depok Bagi Jakarta

Soal Kursi Partai Dan Alasan Pentingnya Depok Bagi Jakarta

HarianDepok.com – Berita , Menurut hasil pemilihan legislatif 2014, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) telah menjadi faksi terbesar di DPRD Depok dengan 11 kursi. Gerindra menduduki posisi kedua dengan sembilan kursi, diikuti oleh PAN dan PKS, yang dijamin enam kursi masing-masing.

Trailing belakang Demokrat dan Golkar, yang dijamin lima kursi masing-masing, adalah PPP dengan empat kursi dan Partai Hanura dengan dua kursi. Sementara itu, dua kursi yang tersisa akan pergi ke Partai Nasdem dan Partai Kebangkitan Bangsa

Hukum menetapkan bahwa calon walikota harus mengamankan dukungan dari partai politik atau gabungan partai politik dan mengendalikan minimal 15 persen kursi di dewan lokal. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Depok saat ini memiliki 50 kursi, yang berarti bahwa hanya partai politik atau gabungan partai politik yang mengontrol setidaknya delapan kursi yang memenuhi syarat untuk mengajukan calon walikota.

Ada tiga alasan mengapa Depok penting, dan menarik untuk disimak.

Pertama, penting untuk Jakarta. Ibukota ditopang oleh kota-kota satelit di sekitarnya (Tangerang dan Bekasi, selain Depok). Jakarta tidak akan pernah mampu memecahkan tiga jenis banjir, yakni banjir air, banjir mobil dan banjir penduduk, jika masalah ini tidak ditangani di kota-kota seperti Depok.

Kedua, Depok adalah mikrokosmos dari Jakarta, bahkan mungkin Indonesia. Korupsi, kurangnya infrastruktur, masalah lingkungan, kurangnya pelestarian budaya dan sejarah, adalah masalah yang sama dari wajah Jakarta dan Indonesia.

Ketiga, kebutuhan untuk perubahan paradigma dan nyata dalam kepemimpinan di Depok adalah sesuatu yang Indonesia juga hadapi.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: