Fenomena Parkir Sembarangan di Kota Depok

Fenomena Parkir Sembarangan di Kota Depok

HarianDepok.com – Berita , Kurangnya ruang parkir di Jalan Margonda, Depok membuat para pengendara menjadi sembrono dengan memarkirkan kendaraan mereka di jalanan.

Ipda Sunarto dari Kasubnit Dikyasa Polresta Depok, mengungkapkan bahwa pihaknya sering melakukan razia dengan Departemen Transportasi Depok, namun masih banyak kendaraan yang diparkir secara acak dan sembarangan.

“Tingkat kesadaran dari para pengendara masih sangat kurang. Sepertinya tindakan tegas tak mereka diperhatikan,” kata Ipda Sunarto saat dihubungi, Senin (01/9).

Kurangnya kesadaran pengendara disebabkan oleh kurangnya ruang parkir. Karena para pengusaha di Jalan Margonda tidak memberikan ruang parkir yang memadai.

“Biasanya, jika ada razia tidak ada yang parkir. Tapi jika tidak ada razia mereka diparkir lagi di sepanjang jalan,” katanya.

Pihaknya dengan instansi terkait telah melakukan koordinasi guna menertibkan parkir ilegal. Tapi selama masih banyak pengusaha yang tidak memberikan area parkir, parkir liar akan tetap ada.

“Mislanya jika hari ini kita akan melakukan razia pengendara, besoknya kita raizia orang yang beda, ia malah alasan kalau ia tidak tahu,” katanya.

Sekretaris Departemen Transportasi kota Depok, Nasrun ZA menambahkan, ia harus berkoordinasi dengan Departemen Perencanaan Tata Ruang dan Pemukiman untuk mendirikan tempat parkir di bahu jalan.

Untuk sekarang, katanya, dia hanya ingin berupaya melakukan razia dengan harapan tak akan ada lagi pengendara yang memarkir kendaraannya dengan sembarang.

“Ya, kami akan bertindak tegas dengan mengunci menggunakan gembok atau kemps ban,” Kata Nasrun.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: