TNI AD Berencana Membeli Rudal Javelin Milik Amerika Serikat

HarianDepok.com – Nasional , Javelin adalah rudal anti-tank Amerika Serikat yang baru saja dipamerkan dan diperagakan setelah pembukaan latihan gabungan Garuda Shield TNI Angkatan Darat dengan Tentara AS di Pasifik (USARPAC). Peragaan ini semakin menguatkan rencana pembelian teknologi militer ini oleh TNI Angkatan Darat.

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengungkapan, pembelian itu masih dalam tahap perencanaan Kementerian Pertahanan (Kemenhan), sebagai langkah untuk melakukan peremajaan alat utama sistem pertahanan (alutsista) TNI yang sudah tua.

“Masih rencana, ini sesuai dengan kebutuhan TNI AD. Pemerintah akan meremajakan sistem alat pertahanan,” ungkap menteri pertahanan Purnomo usai rapat kerja dengan Komisi I DPR kepada wartawan di Jakarta, Senin (10/6).

Rudal Javelin ini mampu mengunci sasaran dan mengikuti ke manapun target berjalan dengan daya ledak yang luar biasa. Javelin menjadi andalan negeri pimpinan Barrack Obama ini dalam perang di Afghanistan.

Senjata yang di beri nama JAVELIN ini telah dikembangkan sejak tahun 1998 oleh perusahaan Raytheon dan Lockheed Martin dengan nama proyek Javelin Joint Venture. Produksinya sendiri dimulai tahun 1994 dan dikirimkan ke barak militer di Fort Benning, Georgia pada tahun 1996.

Untuk satu buah peluncur dan pelacak Javelin dipatok dengan harga senilai USD 126.000 atau sekitar Rp 1,2 miliar. Sementara rudal Javelin satuannya seharga USD 78.000 atau setara dengan Rp 756 juta.

Latihan gabungan antara Garuda Shield TNI Angkatan Darat dengan Tentara Amerika Serikat di Pasifik (USARPAC) sendiri digelar di Cilodong, Depok bersama Kostrad. Latihan militer ini berlangsung selama 10 hari ke depan dan dimulai hari Senin (10/7) kemarin.

[adm/redaksi]

[sumber gambar : artileri.org]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)