Mengintip Kehebatan Dari Yamaha FZ1, Motor Sang Penjaga

Mengintip Kehebatan Dari Yamaha FZ1, Motor Sang Penjaga

HarianDepok.com – Otomotif , Mendiskusikan posisi Presiden Republik Indonesia, tentu tidak dapat dipisahkan dari peran Pengawal Presiden (Paspampres). Paspampres bertuguas melindungi Presiden dari berbagai ancaman.

Salah satu hal yang menarik terkati dengan tindakan Paspampres ketika menjaga Presiden terpilih Joko Widodo akhir-akhir ini adalah penggunaan Yamaha FZ1 Fazer. Motor Sport ini memang memiliki spesifikasi yang mumpuni di dunia otomotif.

Yamaha FZ1 Fazer sudah benar-benar telah digunakan sejak tahun 2010 oleh Paspampres. Saat itu digunakan untuk melakukan penjagaan terhadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ini adalah jenis Motor Sport Streetfighter Naked Bike. Harga per unitnya lebih dari Rp 110 juta.

Dilansir dari Kompas Otomotif, dapur pacunya memang sudah tak diragukan lagi. Motor Ini memiliki mesin 998cc, empat silinder, DOHC. Mesin motornya mengadopsi sistem injeksi. Sedangkan tenaga yang dihasilkan dapat mencapai hingga 150 HP. Dengan torsi maksimalnya 106 Nm.

Kendaraan ini juga memiliki biaya yang cukup irit untuk kelas motor dengan mesin besar. Untuk mencapai jarak 100 kilometer hanya butuh bensin sekitar 6.72 liter. Artinya, setiap liter bahan bakar memiliki jarak tempuh sekitar 14,9 kilometer. Transmisi motor ini mengadopsi dari trasmisi manual 6-speed untuk memberikan daya tenaga ke roda belakang.

Jika digunakan untuk melakukan penjagaan pada orang dengan kategori VVIP, Yamaha FZ1 Fazer memang sangat layak. Kecepatannya dapat bersaing dengan kecepatan mobil kelas tinggi.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: