Kejaksaan Agung Periksa Manager Bank BJB Depok

HarianDepok.com – Berita , Kejaksaan Agung Periksa Manager Operasional Bank BJB Depok , Bapak. Sulaeman dan rekan kerjanya, terkait kasus lelang proyek gedung T-Tower.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung (KPPHKA) , Setia Untung Arimuladi mejelaskan, Sulaeman dan rekan kerjanya di BJB Kota Depok diperiksa kemarin, Selasa (28/5). “Diperiksa sebagai saksi,” jawabnya singkat kepada semua wartawan yang hadir saat itu.

Kasus dugaan korupsi pembelian ruang kantor di Gedung T-Tower oleh PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat-Banten Tbk ini melibatkan Kepala Divisi Umum Bank BJB Wawan Indrawan dan Direktur PT Comradindo Lintasnusa Perkasa, Tri Wiyaksa, yang kini keduanya menjadi tersangka.

Kasus ini bermula pada saat BJB merencanakan pembelian gedung untuk kantor cabang khusus di Jakarta pada 2006. Anggaran yang disetujui Bank Indonesia awalnya Rp 200 miliar. Belakangan, BJB setuju membeli 14 dari 27 lantai di gedung T-Tower, yang rencananya dibangun di Jalan Gatot Subroto, Kaveling 93, Jakarta Selatan.

Seperti dilansir laman nasional Tempo, tim pembebasan lahan yang dibentuk bank ini lantas bernegosiasi dengan PT Comradindo, perusahaan informasi dan teknologi yang membuka penawaran pembelian gedung tersebut.

BJB pun bertransaksi dengan PT Comradindo senilai Rp 543,4 miliar, dengan uang muka Rp 217,36 miliar. Sisanya, Rp 27,17 miliar, dicicil selama setahun.

Namun kemudian ditemukan sejumlah kejanggalan dalam transaksi tersebut. Seperti, status tanah yang diduga milik perusahaan lain sehingga rawan sengketa, harga tanah yang jauh di atas harga pasar, hingga pembayaran uang muka yang menyalahi ketentuan.

Dari hasil penyelidikan, Kejasaan menetapkan Wawan dan Tri Wiyaksa sebagai tersangka. Terkait dengan kasus ini, Kejaksaan Agung juga memeriksa Betty Rahmawaty dan David Kurniawan, anggota panitia lelang proyek dari Bank BJB, Senin (27/5) kemarin.

“Mereka diperiksa perihal proses lelang kegiatan pembelian gedung tersebut,” tandas Setia Untung.

rw/tem [adm/HD]

dikutip dari  : http://depoklik.com/manajer-bank-bjb-depok-diperiksa-kejaksaan-agung/

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)