Harga Pertamax Turun, Bambang Desak Pendistribusian BBM Lebih Merata

Harga Pertamax Turun, Bambang Desak Pendistribusian BBM Lebih Merata

HarianDepok.com – Bisnis , PT Pertamina akhirnya menurunkan harga jual dari Pertamax dan Pertamax plus di daerah Jabodetabek berkisar antara Rp. 350 sampai Rp. 400/liternya.

Sementara itu, Wakil Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mendesak perusahaan minyak dan gas milik negara PT Pertamina untuk mendistribusikan secara merata bahan bakar sehingga antrian panjang di pompa bensin dan kelangkaan bahan bakar di beberapa daerah tidak akan terjadi lagi.

Menurut Bambang, pengetatan alokasi bahan bakar sebagai bagian dari langkah pemerintah untuk membatasi penggunaan bahan bakar harus disertai dengan distribusi yang disesuaikan dengan kebutuhan di daerah-daerah tertentu.

“Saya pikir apa yang menyebabkan antrian panjang dan kelangkaan bahan bakar tidak begitu lama karena pembatasan yang terlalu ketat. Tapi kita harus menyadari banyak SPBU tidak mengalami kekurangan bahan bakar,” katanya.

Pemerintah, kata dia, tidak bisa menghindari dalam mengambil langkah-langkah untuk menjaga kuota 46 kiloliter.

Namun, Bambang mengatakan bahwa PT Pertamina sebagai operator dapat menghitung dengan seksama distribusi BBM.

Bambang menambahkan, kuota yang telah disetujui oleh pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) dalam 2014 revisi APBN tidak dapat diubah dalam waktu dekat meskipun ia mengakui peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perpu) mungkin dapat mengubah kuota.

Selain itu, Bambang juga meminta masyarakat untuk tidak mudah panik setiap langkah efisiensi yang dibuat pemerintah.

“Kami menyerukan kepada masyarakat untuk tidak membeli bahan bakar berlebihan. Beli sesuai dengan kebutuhan saja,” katanya.

Sebagai catatan, langkah Pertamina untuk membatasi penjualan BBM bersubsidi telah menyebabkan kelangkaan bahan bakar dan antrian panjang di pompa bensin di beberapa tempat di Indonesia.

[IrmaWulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer