PIK-R Jabar Latih Pelajar Kota Depok Sebagai Pendidik Dan Konselor Sebaya

PIK-R Jabar Latih Pelajar Kota Depok Sebagai Pendidik Dan Konselor Sebaya

HarianDepok.com – Berita , Pusat Informasi Konseling (PIK-R) merupakan sebuah wadah dari program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja) yang secara gorong royong dikelola oleh, dari dan untuk orang-orang muda untuk memberikan informasi dan konseling kesehatan serta persiapan dalam bekeluarga.

Berdasarkan hal ini, para siswa dari beberapa SMA di Depok diberikan pelatihan sebagai pendidik dan konselor oleh PIK-R Provinsi Jabar yang bekerja sama dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (BPMK) Depok.

Para peserta pelatihan PIK-R ini, kedepannya akan bertindak sebagai pendidik sebaya dan konselor sebaya untuk rekan-rekan mereka di sekolah. Pendidik sebaya adalah individu yang memiliki motivasi untuk menjadi saluran informasi dengan menggunakan modul atau kurikulum yang ada, sedangkan konselor sebaya adalah pendidik sebaya yang memberikan nasihat kepada rekan-rekan mereka.

Pembina Forum PIK-R Provinsi Jabar, Dadan Zaenal mengatakan bahwa remaja cenderung lebih merasa nyaman dan efektif melakukan konseling pada usia yang sama daripada dengan guru atau orang tua, dengan demikian atas dasar itu pihaknya akan menggunakan strategi pendidik sebaya dan konselor sebaya untuk dapat menyentuh target .

“Dari penelitian yang kami lakukan, 78 remaja lebih memilih untuk memberikan informasi dan saran, serta pembukaan yang cocok dengan rekan-rekan sebayanya. Makanya kita mendidik konselor dan pendidik sebaya yang kompeten untuk melakukan tugas mereka dengan baik,” kata Dadan.

Untuk menjadi pendidik sebaya dan konselor, siswa yang terpilih merupakan siswa yang aktif dalam kegiatan sosial dan memiliki komunikasi yang baik.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)