Dahlan Iskan Desak PT Garuda Adakan Rapat Dengan Investor

Dahlan Iskan Desak PT Garuda Adakan Rapat Dengan Investor

HarianDepok.com – Bisnis , Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan telah menginstruksikan PT Garuda Indonesia untuk mengadakan pertemuan khusus dengan pemegang saham untuk membahas kerugian pembengkakan.

“Garuda telah menderita kerugian besar. Saya telah meminta manajemen untuk melaporkan kepada saya pada hari Senin (1 September) tentang bagaimana manajemen akan menjaga masalah keuangan perusahaan,” kata Dahlan.

Dahlan menyatakan bahwa perusahaan penerbangan milik negara menderita masalah keuangan yang sulit, sehingga pengelolaannya harus mengambil langkah konkret.

Pada semester pertama tahun ini, Garuda telah membukukan rugi bersih sebesar US $ 211.700.000 atau sekitar Rp 2,3 triliun, pembengkakan dari US $ 10.700.000 di tahun 2013

Kerugian komprehensif yang dapat dikaitkan dengan pemilik entitas induk sebesar US $ 200.380.000, naik drastis dari sebelumnya US $ 11.390.000.

Salah satu penyebab dari kinerja Garuda memburuk selisih kurs mata uang, yang melesat hingga US $ 12.860.000 dibandingkan dengan US $ 1.410.000 pada semester pertama 2013

Selain itu, beban perusahaan juga melonjak naik 14.75 persen menjadi US $ 1,9 miliar dari US $ 1,7 miliar. Sebelumnya, Garuda Indonesia telah mencari penerbangan charter tambahan untuk beberapa kota di China. Langkah ini bertujuan untuk menuai manfaat maksimal dari pasar Cina yang besar, yang berbasis di Beijing.

“Saat ini Garuda Indonesia melayani rute penerbangan Beijing-Jakarta-Bali, Jakarta-Shanghai, dan Guang Zhou-Jakarta. Bahkan pemerintah daerah telah memungkinkan (Garuda Indonesia) untuk terbang ke Hang Zhou dan Chengdu,” katanya.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: