TNI Siap Amankan Perbatasan Indonesia-Papua

TNI Siap Amankan Perbatasan Indonesia-Papua

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Sekitar 450 Angkatan Darat Indonesia (TNI) akan mengamankan daerah perbatasan Indonesia-Papua Papua pada akhir September 2014 untuk menggantikan personel keamanan sebelumnya.

Kepala Rayon Militer Komando Brigadir Jenderal Supartodi mengatakan di Jakarta, bahwa tentara akan menjaga daerah untuk enam bulan ke depan. Hal ini dilakukan sebagai menjaga stabilitas regional.

“Para prajurit TNI dan petugas Papua Nugini akan bekerja sama untuk menjaga stabilitas di papua,” ucap Supartodi menyatakan seperti dikutip Antara News.

Dia menyatakan harapan bahwa para prajurit harus menghormati satu sama lain dan kebijakan harus mempersiapkan fisik dan mental untuk menghadapi situasi yang tak menentu di Papua.

“Ya, pada semua TNI, haru siap baik secara fisik mau pun moral,”

Meskipun kondisi keamanan di daerah tersebut umumnya aman, Supartodi mendesak tentara untuk waspada guna mencegah tindakan yang tidak diinginkan.

Para prajurit TNI telah melakukan latihan preduty kedua di Bangga, Sigi District.

Untuk mempersiapkan tentara, TNI telah memilih Bangga sebagai area pelatihan mereka karena wilayah ini memiliki kondisi geografis yang mirip dengan Merauke, Papua. Program pelatihan selama dua minggu selesai pada tanggal 15 Agustus 2014.

Para prajurit yang sebagian besar dari 711 / Raksatama Yonif akan menggantikan 715 / Mololiatu Yonif. Pada periode penjaga perbatasan berikutnya, tentara Raksatama akan digantikan oleh 713 / Satyatama Yonif dari Gorontalo.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: