SBY Bersama Ban Ki-moon Diskusikan Perkembangan Terbaru di Gaza

SBY Bersama Ban Ki-moon Diskusikan Perkembangan Terbaru di Gaza

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengadakan pertemuan bilateral pada hari Kamis untuk membahas perkembangan terbaru di Gaza.

Setelah pertemuan tersebut, Menteri Luar Negeri Marty Natalegwa mencatat bahwa Ban sangat dihargai Presiden Yudhoyono atas usahanya untuk memiliki akhir dini untuk konflik Gaza.

“Sekjen PBB sangat menghargai sikap Presiden Yudhoyono yang lugas, tegas, dan terbuka untuk segera mengakhiri konflik di Gaza,” kata Natalegawa.

Dia menyatakan bahwa para pemimpin Indonesia dan PBB telah menyatakan berharap bahwa gencatan senjata yang dicapai dalam beberapa hari terakhir di Gaza dapat terus dipertahankan, dan akar penyebab konflik dapat segera diatasi.

Marty menjelaskan bahwa kedua pemimpin juga membahas cara-cara untuk memajukan perekonomian Gaza dan menyatakan keprihatinan mereka atas tekanan dari Israel.

Selain membahas perkembangan di Gaza, mereka juga meninjau situasi dalam kepemimpinan Asia Tenggara.

“Mereka juga membahas perkembangan di Suriah dan Irak, dan peran Presiden Yudhoyono dalam pertemuan 2015 Millennium Development Goals,” tambah Natalegawa.

Yudhoyono dan Ban mengadakan pertemuan bilateral di sela-sela Forum Global Aliansi Peradaban PBB (UNAOC) bertema “Unity in Diversity”

Aliansi ini merupakan inisiatif dari Sekjen PBB yang didukung oleh 114 negara dan 25 organisasi internasional untuk mengembangkan model inovatif untuk ameliorating ketegangan berdasarkan identitas di seluruh dunia.

Forum sesi breakout akan mencakup isu-isu mempromosikan harmoni melalui dialog antar agama dan lintas budaya, peran perempuan dalam mendorong pemahaman antar budaya, mempromosikan pemahaman melalui kekuatan olahraga, seni, musik, dan hiburan, partisipasi pemuda dalam pembangunan, percakapan media di seluruh lini, memanfaatkan kekuatan positif dari media sosial, inklusi sosial dan migrasi, dan persepsi migrasi.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)