Rumah Tak Layak Huni Di Kota Depok Mencapai 5.000 Unit

Rumah Tak Layak Huni Depok Ada 5.000 Unit

HarianDepok.com – Berita , Meskipun dekat dengan Jakarta, adanya rumah tidak layak huni (RTLH) di Depok masih terus berkembang. Wakil Walikota Depok, Idris Abdul Shomad menjelaskan, RTLH di Depok saat ini ada sekitar 5 ribu unit.

Kondisi ini tersebar di hampir semua kabupaten di Depok.

“Memang, angka kita masih banyak, sekitar 5 ribu unit di Depok,” kata Idris setelah melihat masih banyaknya pembangunan RTLH yang dilaksanakan oleh Kementerian Perumahan (Kemnpera) ri di Bojongsari Kelurahan, Kecamatan Bojongsari.

Namun, Idris telah mengungkapkan bahwa tahun depan kota akan membangun kembali RTLH yang ada di Depok. Tak tanggung-tanggung, pembangunan yang diusulkan adalah 1.300 unit.

“Tahun ini, pemerintah kota tidak ada alokasi dana untuk pembangunan RTLH, nah yang kami tinjau itu adalah kerjasama dengan pemerintah kota pada tahun 2013 dengan Kemenpera yang membangun 115 unit,” katanya.

Dia menambahkan bahwa dana anggaran untuk pembangunan 1.300 RTLH nanti akan berasal dari APBD baik pusat mau pun provinsi.

“Jumlah bantuan untuk renovasi rumah per unit, sebesar Rp 7-20 juta. Namun pembangunan yang dilakukan Kemenpera kisarannya mencapai RP 15 juta,” katanya.

Sementara itu, Biro Perencanaan dan Anggaran Kementerian Perumahan, Tantra Rivai mengatakan, Depok mandapatkan distribusi RTLH 115 unit, dan tahun ini mencapai 120 ribu secara nasional.

“Bantuan yang kami terima hanya RP 15 juta, itu tidak penuh. Sementara untuk membangun rumah saya habis Rp 50 juta, sehingga utang saya ke material mencapai RP 35 juta,” kata seorang warga di Kelurahan Bojongsari.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: