Pemberontak Suriah Sandera 75 Tentara Filipina

Pemberontak Suriah Sandera 75 Tentara Filipina

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Komandan Kolonel Roberto Ancan di Manila, mengatakan sekitar 75 tentara penjaga perdamaian dari Angkatan Bersenjata Filipina (AFP) telah menolak untuk menyerah meskipun dikelilingi oleh pemberontak militan Suriah di Golan Heights. Para prajurit terperangkap dalam dua basis pertahanan terpisah yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) setelah pemberontak mengepung pangkalan dan menuntut agar mereka menyerahkan senjata.

Komandan AFP mengatakan pasukannya terjebak di dua Observer Angkatan (UNDOF) basa, yang terletak sekitar empat kilometer jauhnya dari zona pemisah Israel-Suriah, yang didirikan oleh perjanjian gencatan senjata pada tahun 1974.

PBB sebelumnya menyatakan bahwa 81 pasukan penjaga perdamaian terjebak, tapi Ancan sejak menjelaskan bahwa 40 tentara Filipina terjebak dalam salah satu basis, sementara 35 lainnya yang terkepung di basis lainnya.

Pada hari Rabu, sebuah kelompok militan Suriah yang dikenal sebagai Al-Nusra menembaki tentara Israel yang sedang berpatroli di zona pemisahan. Sehari kemudian, kelompok militan yang sama mengambil 43 prajurit penjaga perdamaian Fiji sebagai sandera, setelah memaksa mereka untuk menyerahkan senjata mereka.

Ancan mengatakan pemberontak telah memaksa seorang sandera Fiji berbahasa Inggris untuk bertindak sebagai perantara – menyampaikan tuntutan mereka kepada pasukan Filipina yang menolak untuk mematuhi tuntutan pemberontak. Presiden Benigno Aquino menggambarkan situasi di Golan Heights sangatlah tegang, meski telah mengatakan kepada pers bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan atas nasib para prajurit.

“Sejauh ini, tidak perlu ada yang dikhawatirkan. Saya mendengar bahwa situasi stabil,” kata Aquino.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: