Idil: Ditinggal Nur Mahmudi, PKS Bakal Tergerus di Depok

Idil: Ditinggal Nur Mahmudi, PKS Bakal Tergerus di Depok

HarianDepok.com – Berita , Kota Depok selama dua periode, dipimpin oleh Nur Mahmudi Ismail yang diusung oleh parpol PKS. Lelaki yang kini masih menjabat sebagai Walikota Depok ini, tidak punya kesempatan lagi untuk kembali mencalonkan diri karena masa jabatannya sudah dua periode.

Beberapa orang menilai, bahwa ini merupkan awal keterpurukan PKS di Depok, karena banyak calon PKS yang bermunculan dan siap bertarung pada tahta di Piwalkot mendatang.

Analis politik dari Universitas Padjadjaran (Unpad), Idil Akbar mengatakan, setelah Nur Mahmudi, PKS akan mengalami penurunan suara, terutama ketika pemilu yang akan berlangsung pada 2015,

“Ini bukan soal suara PKS yang tergerus karena usaha dalam menghantam PKS, tapi kesempatan untuk mendapatkan suara tidak sekuat seperti sebelumnya,” katanya.

Meskipun sampai saat ini, Depok masih dianggap sebagai kota berbasis PKS, tetapi dalam pemilukada yang menentukan adalah orang-orang yang diangkatnya. Selain itu, calon incumbent PKS tidak bisa maju dan itu akan membuat pemilu lebih kompetitif.

“Kesempatan untuk memenangkan pemilu Depok masih terbuka, asalkan PKS terus menunjukkan kekuatan dan kandidat yang maju adalah orang hebat,” katanya.

Idil menambahkan, ketidaksolidan PKS mungkin karena beberapa hal. Pertama, kemampuan kandidat atau lawan yang akan maju cukup banyak, karena saat ini sudah tidak ada lagi incumbent. Kedua, sosok yang akan diusung oleh PKS masih menjadi tanda tanya, akan memiliki dampak besar atau tidak suaranya.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)