Ledakan Bom Di Hari Patriot “Boston Marathon 2013”

HarianDepok.com | Internasional , Berita –  Ledakan Bom Di Hari Patriot “Boston Marathon 2013” , Boston Marathon adalah pergelaran tahunan di ibu kota Massachusetts, Amerika Serikat, untuk memperingati Hari Patriot. Siapa nyana, peringatan untuk mengenang para pahlawan ini berakhir dengan insiden berdarah, Senin (15/4/2013) siang.

Di Boston, Hari Patriot dinyatakan sebagai hari libur. Peringatan ini adalah untuk mengenang pertempuran pembuka Revolusi Amerika, yang berlangsung di Lexington dan Concord pada 19 April 1775. Hari libur dijadwalkan setiap hari Senin di tiap tahun yang paling dekat dengan 19 April. Pada hari itu, ajang Boston Marathon pasti digelar.

Selain menjadi peringatan bersejarah, Hari Patriot dan Boston Marathon sudah menjadi paket wisata tahunan yang mendatangkan banyak turis dan pemasukan untuk Boston. Setiap tahun, ribuan orang akan berbondong-bondong memadati Lexington dan Concord Road, serta mendatangi Minute Man National Historical Park.

Sebelumnya, pada akhir pekan, Boston akan diramaikan dengan beragam parade yang dipenuhi rerupa seragam militer era-kolonial dan pernak-pernik kemiliteran yang mengingatkan pada rujukan peringatan.

Selama peringatan Hari Patriot, banyak sekolah dan layanan bisnis tutup. Banyak orang bahkan mengambil libur untuk berpartisipasi atau menonton Boston Marathon.

Boston Marathon menempuh rute 26,2 mil, menyusuri tepian kota Boston. Michael Cedrone, yang dibesarkan di Boston tapi sekarang tinggal di McLean, mengatakan, semua sekolah diliburkan pada hari peringatan ini.

“Ayah saya adalah seorang pemadam kebakaran di sebuah stasiun besar pemadam kebakaran Newton yang terletak di Commonwealth Avenue, sepanjang rute (Boston Marathon). Dia bekerja atau tidak, kami akan pergi ke sana, dan semua anak petugas pemadam kebakaran bisa duduk di atas truk (pemadam) untuk menonton perlombaan. Mereka (para petugas pemadam kebakaran) akan menempatkan truk (pemadam) di kedua sisi jalan untuk melayani semua penduduk kota tanpa harus melintasi jalur perlombaan,” tutur Cedrone. Kebiasaan ini berakhir setelah diputuskan bahwa keberadaan anak-anak di truk akan memperlambat respons petugas ketika ada panggilan.

Todd Ringer, yang juga tinggal di sepanjang rute maraton di Boston, mengatakan, warga memasak barbecue dan pesta akan berlangsung sepanjang peringatan Hari Patriot. “(Ledakan) Ini sangat buruk,” kata Ringler.

Semua kenangan indah Hari Patriot luluh lantak, Senin (15/4/2013). Dua ledakan di dekat garis finish perlombaan membubarkan keriangan tahunan ini. Dua orang tewas dan dilaporkan lebih dari 100 orang terluka akibat insiden tersebut, termasuk delapan anak-anak. Ledakan ketiga terjadi di Perpustakaan Kepresidenan John F Kennedy, di kota yang sama, meskipun polisi sudah menjinakkan dua peledak lain seusai dua ledakan pertama.

Sumber : usatoday
Editor : Palupi Annisa Auliani (kompas.com)
[adm/HD]
Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)