WFP Dan BNPB Lakukan Operasi Siaga Gunung Slamet

WFP Dan BNPB Lakukan Operasi Siaga Gunung Slamet

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Program Pangan Dunia (WFP) bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan program untuk mengevaluasi operasi penanggulangan bencana yang terjadi selama letusan Gunung Sinabung di Sumatera Utara. Letusan yang terjadi terus menerus antara November 2013 dan Februari 2014 telah memakan korban 16 jiwa dan sekitar 32.000 orang mengungsi dari rumah mereka.

“Setiap bencana unik, itulah sebabnya sangat penting bagi kita untuk belajar dan selalu hati-hati untuk mengembangkan kesiapsiagaan dan tanggap darurat rencana yang lebih baik,” kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Informasi dan Humas.

Menurut pernyataan bersama yang dirilis oleh WFP dan BNPB, pengalaman tim tanggap darurat dikerahkan di Gunung Sinabung bisa memberikan pelajaran berharga yang dapat digunakan untuk membantu merancang rencana tindakan darurat dalam hal kemungkinan letusan di Gunung Slamet di Jawa Tengah, yang baru-baru ini mulai menunjukkan tanda-tanda peningkatan aktivitas vulkanik.

Pernyataan ini dirilis dalam lokakarya yang diselenggarakan oleh WFP di Medan. bagian dari enam bulan upaya bantuan bersama oleh WFP, BNPB, dan Kantor Bantuan Bencana Luar Negeri (OFDA), yang didirikan segera setelah letusan pertama Gunung Sinabung pada tahun 2013.

“BNPB benar-benar menghargai bantuan WFP selama operasi tanggap darurat Gunung Sinabung. Kami berharap untuk menggunakan pengalaman kami yang dikumpulkan selama operasi bantuan di Sinabung untuk meningkatkan kesiapsiagaan darurat dan tanggap di masa depan,” kata Sutopo.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)