AS Ciptakan Robo Brain, Jepang Buat Proyektor Ramah Lingkungan

AS Ciptakan Robo Brain, Jepang Buat Proyektor Ramah Lingkungan

HarianDepok.com – Tekno , Peneliti Amerika sedang mengembangkan sebuah otak robot yang akan membuat robot cerdas. Sistem yang dikenal sebagai Robo Brain dibangun dengan jutaan mesin pencari dari seluruh dunia.

“Robo Brain adalah sistem komputasi berskala besar yang belajar dari sumber daya yang tersedia untuk dari jaringan Internet, simulasi komputer, dan kehidupan nyata yang dilakukan robot. Terakumulasi robotika menjadi basis pengetahuan yang komprehensif dan saling berhubungan,” ucap Ashutosh Saxena, asisten profesor ilmu komputer di Cornell University.

Informasi sedang diterjemahkan dan disimpan dalam format yang dapat disimpan robot serta dapat mengeluarkannya pada saat mereka membutuhkannya. Pengguna juga dapat mengedit atau mengubah data yang ada di dalamnya.

Untuk kebutuhan rumah tangga, Robo Brain masih dalam tahap prototipe. Aplikasi yang mendukung juga dalam tahap uji coba.

Sementara produsen elektronik asal Jepang Casio memperkenalkan proyektor yang ramah lingkungan di Indonesia. Proyektor, yang diakui sebagai teknologi baru, tidak menggunakan lampu merkuri.

“Teknologi ini menghilangkan lampu merkuri, sehingga proyektor dapat berdiri dengan pemakaian 20.000 jam. Regular proyektor yang menggunakan kebutuhan cahaya merkuri untuk mendapatkan cahaya diganti setiap 3.000 jam. Satu lampu senilai Rp3 juta,” kata Harry Lo, Presiden Direktur PT Offistarindo Adhiprima.

Alih-alih lampu merkuri, menurut Harry, proyektor menggunakan laser dan teknologi hybrid LED menjadikannya sebagai perangkat hemat energi. Harry berharap bahwa perangkat dapat memfasilitasi untuk suasana pendidikan yang lebih interaktif di Indonesia.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)