Lihat Pesawat Tempur China, Taiwan Siap Kirim Balasan

Lihat Pesawat Tempur China, Taiwan Siap Kirim Balasan

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Angkatan Udara Taiwan telah mengirimkan jet tempur untuk menghentikan dua pesawat patroli Y-8 maritim Cina yang melanggar ke wilayah Taiwan, menurut perwira senior Angkatan Udara Taiwan.

Sebuah pesawat melanggar di Aerial Pertahanan Identifikasi Zone (Adiz) Taiwan pada puku 08.33 waktu setempat. Pelanggaran lain dilaporkan pada pukul 14.33 waktu setempat. Kedua pesawat yang terlihat di wilayah sengketa di atas Laut Cina Selatan.

Pesawat dilaporkan lepas landas dari Guangdong Provice di tenggara Cina. Angkatan Udara Taiwan mengirimkan jet Fighter (IDF) Mirage-5 dan untuk menghentikan pesawat dari pelanggaran lebih lanjut ke Taiwan.

“Kami memastikan bahwa pesawat tersebut meninggalkan Adiz,” ucap Mayjen Hsiung Hou-Chi Angkatan Udara Taiwan, namun ia menolak untuk detail jumlah jet yang dikirim di misi kedua ini.

Menurut laporan United Daily News, seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya mengatakan militer China menolak tuduhan Taiwan ahwa pesawat China telah melanggar di daerah Taiwan. Pejabat itu mengatakan bahwa tujuan dari penerbangan tersebut adalah untuk menguji pengawasan Taiwan dan kemampuan reaktif terhadap kemungkinan adanya penyusup.

Insiden terjadi di tengah spekulasi luas bahwa China akan segera membangun Adiz sendiri atas Laut Cina Selatan untuk menegaskan klaim teritorial. Tahun lalu, China mendirikan sebuah Adiz di Laut Cina Timur, yang meliputi sejumlah pulau yang juga diklaim oleh Jepang.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)