Tragis, 3 Kapal Pengungsi Berturut-turut Tenggelam

Tragis, 3 Kapal Pengungsi Berturut-turut Tenggelam

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) melaporkan bahwa setidaknya 300 pengungsi telah meninggal di Laut Mediterania pada minggu-minggu terakhir. Sebagian besar pengungsi berasal dari Afrika dan menuju Eropa ketika kapal mereka tenggelam.

Seorang juru bicara UNHCR, Melissa Fleming, mengatakan kemarin ada 1,889 orang tewas dalam insiden tersebut. Bahkan, pada tahun 2014, 1.600 kematian tercatat di bulan Juni 2014.

Jumat lalu, sebuah kapal yang mengangkut 270 penumpang tenggelam di Garibouli, sebelah timur dari Tripoli, membunuh semua penumpang kecuali 19 orang luka-luka.

Insiden kedua terjadi pada malam Sabtu lalu. Angkatan Laut Italia menemukan perahu yang rusak 20 kilometer di lepas pantai Libya. 73 penumpang berhasil dievakuasi, 18 mayat ditemukan, sementara 10 penumpang masih hilang. Para pengungsi berasal dari Mali, Pantai Gading, Guinea, dan Sudan.

Insiden ketiga terjadi Minggu malam ketika perahu nelayan kelebihan beban yang membawa 400 penumpang tenggelam di lepas pantai utara Libya. Perahu itu berlayar dalam cuaca buruk. Angkatan Laut Italia dan Libya Coastguard bekerja sama dengan kapal komersial di seluruh wilayah, dan berhasil menyelamatkan 364 penumpang. Sampai saat ini, 24 mayat telah ditemukan.

Menurut UNHCR, sebagian besar pengungsi adalah warga Libya, berharap untuk melarikan diri negara yang dilanda perang. Mereka ingin mencari perlindungan di Italia. Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak pengungsi dari Afrika mempertaruhkan hidup mereka, ingin menginjakkan kaki di tanah Eropa melalui Laut Mediterania.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)