Rapper Inggris Dicurigai Pelaku Pemenggalan Kepala James Foley

Rapper Inggris Dicurigai Pelaku Pemenggalan Kepala James Foley

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Abdel atau Majed Abdel Bary, rapper 23 tahun kelahiran Inggris, meninggalkan keluarganya dua tahun lalu dengan memebawa $ 1 juta US untuk bergabung dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Beberapa surat kabar Inggris baru-baru ini melaporkan bahwa Majed Abdel Bary diduga sebagai pria bertopeng yang mengeksekusi jurnalis Amerika Serikat berusia 40 tahun, James Foley.

Seperti dilansir Daily News, Abdel Majed adalah salah satu dari enam anak dari Adel Abdel Bary, seorang militan Mesir yang dihukum sebagai anggota kelompok teroris al Qaeda. Adel menjadi tersangka dalam pemboman kedutaan besar AS di Kenya dan Tanzania yang menewaskan 224 orang di tahun 1998

London Times melaporkan bahwa Abdel-Majed menyebut dirinya sendiri dengan nama L. Jinny atau Lyricist Jinn Matic. Dia pernah upload foto dirinya di Twitter pada tanggal 13 Agustus 2014.

MI5 (badan intelijen Inggris) mengatakan kepada The Sunday Times of London bahwa mereka masih menyelidiki identitas orang yang dipenggal kepalanya.

“Kami masih dalam tahap penyelidikan dan pengembangan,” ucap MI5 di sebuah pernyataan.

Sementara itu ISIS kini telah memperluas wilayah mereka di Suriah dengan mengendalikan pangkalan udara militer Taqba di provinsi Raqqa, Suriah utara hari Minggu lalu. Basis Taqba adalah pangkalan militer terakhir di Suriah yang telah berhasil diambil alih oleh pemberontak ISIS.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) melaporkan bahwa pertempuran menewaskan 500 orang dari kedua pihak pemerintah dan pasukan pemberontak.

“Setidaknya 346 pejuang Negara Islam tewas sementara lebih dari 170 anggota pasukan pemerintah telah tewas sejak Selasa dalam memperebutkan Tabqa,” kata SOHR.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)