Demokrat Dan PAN Diprediksi Pindah Haluan Ke Jokowi

Demokrat Dan PAN Diprediksi Pindah Haluan Ke Jokowi

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Gun Heryanto, seorang profesor komunikasi politik di Universitas Islam Negeri (UIN), memprediksikan bahwa Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN) akan bergabung dengan kamp Jokowi-JK sebagai pihak yang kini tidak memiliki kepentingan lagi di Koalisi Merah Putih.

“Partai Demokrat dan PAN tidak memiliki kepentingan apapun lagi Koalisi Merah Putih karena Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan keputusan,” kata Gun, Selasa, (26/8)

Sebelumnya, Partai Demokrat dan PAN di antara pihak-pihak yang melemparkan berat badan mereka di balik tiket Prabowo-Hatta pada 9 April pemilihan presiden.

Laporan terakhir menunjukkan bahwa Demokrat dan PAN telah terlibat dalam pembicaraan dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan bahwa presiden terpilih Joko Widodo mengatakan ia akan menyambut setiap pihak yang bersedia untuk bergabung ke kamp.

Terkait nama-nama menteri, Joko Widodo sendiri mengatakan bahwa ia akan akan melibatkan para pemimpin dari partai koalisi untuk memilih kandidat menteri. Kabinet baru, Jokowi mengatakan, akan dibentuk pada bulan September setelah diskusi dengan wakil presiden baru, Jusuf Kalla, dan partai-partai koalisi.

Jokowi telah membentuk tim transisi yang akan mempersiapkan lineup administrasi untuk lima tahun ke depan. Andi Widjajanto, salah satu wakil dari tim transisi mengatakan bahwa fungsi tim adalah untuk memberikan saran tentang kabinet dan struktur kelembagaan.

“Kami tidak mengusulkan nama,” kata Andi.

Menurut Jokowi, pemimpin partai akan menyambut untuk memberikan masukan tentang kabinet yang paling ideal. Namun, jadwal yang ketat dari para pemimpin partai telah menjadi kendala utama untuk membahas masalah tersebut.

[adm/HD]

Tags: