Apa Itu Kesemutan? Dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Apa Itu Kesemutan? Dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

HarianDepok.com – Kesehatan , Kesemutan adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan parestesia, yang merupakan sensasi penusukan tidak nyaman pada bagian-bagian tubuh seperti engan, kaki, tangan, dan kaki ketika Anda duduk dalam posisi dan waktu yang lama.

Apa penyebab dari kesemutan?

Dalam kebanyakan kasus, parestesia adalah fenomena sementara yang disebabkan oleh tekanan yang diterapkan pada daerah tertentu. Ini memotong suplai darah ke saraf di daerah itu dan memblok pesan-pesan yang dikirim ke otak Anda. Biasanya, menempatkan berat pada bagian tubuh atau mengenakan pakaian ketat dapat menyebabkan tekanan ini, tetapi jika Anda mengalami dehidrasi atau sulit bernapas, Anda lebih mungkin terkena kesemutan yang cepat dan lama redanya. Tergantung pada berapa lama pasokan terputus.

Bagaimana cara mengatasinya?

cobalah dengan mengubah posisi Anda dan mengguncang lengan atau kaki yang terserang kesemutan. Jika Anda mengenakan pakaian ketat atau sepatu, lepas atau longgarkanlah untuk memungkinkan darah mengalir kembali ke bagian tubuh. Jika sensasi masih tetap ada, pijat pelan-pelan area yang kesemutan.

Kebanyakan kesemutan akan hilang setelah beberapa menit. Namun beberapa orang dapat mengembangkan parestesia kronis jika mereka memiliki diabetes, baru sembuh dari cedera atau baru saja menjalani kemoterapi. Kadang-kadang, parestesia bisa menjadi gejala dari kondisi kesehatan yang lebih besar, seperti saraf dikompresi, linu panggul, spondylosis, multiple sclerosis, malnutrisi, defisiensi vitamin B, penyalahgunaan alkohol, stroke, tumor otak atau kerusakan sistem saraf.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: