Boko Haram Deklarasikan Khilafah Islam

Boko Haram Deklarasikan Khilafah Islam

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Pemimpin kelompok militan Boko Haram Abu Bakar Shekau telah menyatakan pembentukan negara Islam di Gwoza, Borno, Nigeria timur laut.

Borno telah berada di bawah kendali Boko Haram.  200 gadis sekolah diculik empat bulan yang lalu. Daily Mail pada hari Minggu melaporkan bahwa Shekau menyatakan kekhalifahan dalam video yang diterima kantor berita Prancis AFP kemarin.

“Syukur kepada Allah yang memberi kemenangan kepada saudara-saudara kita di kota Gwoza dan menjadikannya bagian dari kekhalifahan Islam,” kata Shekau dalam video berdurasi 52 menit tersebut. Kelompok ini mengklaim masyarakat di Borno Negara memiliki “tidak ada hubungannya dengan Nigeria.”

Kantor kemanusiaan PBB (OCHA) awal bulan ini mengkonfirmasi laporan bahwa Gwoza berada di bawah kendali Boko Haram. Kelompok ini juga diyakini mengendalikan wilayah utara Borno dan setidaknya satu kota di negara tetangga negara bagian Yobe.

Meski militer Nigeria memiliki kapasitas untuk menunda militan Islam yang dipimpin oleh Abu Bakar Shekau, faktanya adalah sejumlah tentara Nigeria telah menurun untuk digunakan di Gwoza, Borno. Mereka menolak penyebaran, menyatakan bahwa mereka tidak dilengkapi dengan persenjataan yang tepat.

Pada tanggal 13 Agustus, istri tentara Nigeria turun ke jalan dari Maiduguri untuk menyuarakan keprihatinan mereka atas penyebaran suami mereka untuk memerangi Boko Haram. Mereka mengklaim pasukan belum siap untuk menghadapi militan ganas tersebut.

Menurut New Straits Times, pasukan yang bersaksi bahwa barak Maiduguri hanya mengandalkan peralatan usang dan rusak. Boko Haram, di sisi lain, dikenal menggunakan senjata semi-otomatis, peluncur roket dan lapis baja kendaraan personil.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)