Dua Penasihat Baru, Gabung Ke Tim Jokowi

Dua Penasihat Baru, Gabung Ke Tim Jokowi

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Ketua Tim Transisi Jokowi, Andi Widjajanto mengatakan, dua penasihat tambahan akan bergabung dengan tim kepemerintahaan Jokowi dan JK. Nama-nama dua penasihat baru akan diumumkan hari ini oleh ketua tim Rini Soemarno.

“Saya tidak begitu tahu apakah mereka berasal dari partai politik. Bu Rini tahu lebih baik,” kata Andi kemarin.

Andi juga tidak tahu apakah kedua penasihat baru akan menambah atau mengganti penasihat yang sudah ada sekarang. Tim transisi hari ini dijadwalkan untuk rapat evaluasi dalam menanggapi kinerja kerja selama seminggu. Pertemuan ini diharapkan akan dipimpin oleh Jokowi sendiri.

Sampai sekarang, empat orang telah ditunjuk sebagai penasihat tim transisi: Jenderal (Purn) Luhut Panjaitan, Letnan Jenderal (Purn) Hendropriyono, KH Hasyim Muzadi, dan Syafii Maarif.

“Jokowi yang akan pimpin rapat nanti, untuk nama-nama selanjutnya kami belum tahu juga, keputusan tersebut mutlak berada di tangan Jokowi dan JK,” sambungnya.

Penunjukan penasihat tersebut adalah murni keputusan yang dibuat oleh Jokowi tanpa rekomendasi atau permintaan dari siapa pun. Jadi ini adalah hal yang memang masyarakat inginkan.

Sementara itu, pengangkatan Hendropriyono telah bertemu dengan penolakan dari sejumlah lembaga non-pemerintah mengawasi isu-isu hak asasi manusia. Hendro dituduh telah terlibat dalam tragedi Talangsari di Lampung dan dalam kasus pembunuhan Munir. Mereka juga menuntut komitmen Jokowi dalam memecahkan kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia.

[adm/HD]

Tags: