Menteri Pertahanan Akan Bentuk Brigade Infanteri di Kalimantan

Menteri Pertahanan Akan Bentuk Brigade Infanteri di Kalimantan

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro telah berjanji untuk menambahkan personil di pangkalan militer Indonesia (TNI) di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, yang berbatasan dengan Malaysia, dengan membentuk brigade infanteri dari Kostrad.

“Kami akan menambahkan personil TNI lebih banyak di wilayah perbatasan Provinsi Kalimantan Utara dengan menciptakan batalyon Kostrad infanteri brigade di Kabupaten Nunukan,” katanya saat mengunjungi stasiun brigade infanteri Bulungan Cakti, baru-baru ini.

Kehadiran batalyon Kostrad di Kabupaten Nunukan akan memfasilitasi pengembangan inisiatif pertahanan negara yang berkelanjutan di wilayah perbatasan dan akhirnya akan meningkatkan ekonomi lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, katanya.

Dia berjanji akan meningkatkan jumlah personel TNI di sepanjang perbatasan Indonesia-Malaysia di Provinsi Kalimantan Utara, khususnya di Nunukan atau pulau Sebatik sebagai bagian dari upaya untuk melindungi kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sampai saat ini, Provinsi Kalimantan Utara memiliki dua batalyon. Diantaranya adalah batalyon 613 / Raja Ampat infanteri di Kota Tarakan dan infanteri Brigade Bulungan Cakti di Kabupaten Bulungan. Pemerintah berencana membangun batalyon di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, secepatnya.

“Rencana untuk menambahkan batalyon TNI di Provinsi Kalimantan Utara ini telah terdapat pada catatan penting bahwa kita akan menyerahkan kepada pemerintah pusat,” katanya.

Menanggapi rencana untuk membentuk batalyon, Asisten II Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara Syaiful Herman menyambut hangat kabar tersebut, berharap itu akan mempercepat kegiatan pembangunan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah perbatasan.

[adm/HD]

Tags: