Jakarta Miliki MRT, Kini Surabaya Punya Tram

Jakarta Miliki MRT, Kini Surabaya Punya Tram

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Surabaya berencana mengembangkan Tram untuk transportasi. Proyek ini rencananya akan bergabung dengan monorail sepanjang 24 kilometer.

Wakil pembangunan infrastruktur dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Dedy Supriadi mengatakan bahwa proyek trem akan membentang dari wilayah utara ke pelabuhan Tanjung Perak sampai wilayah selatan di Wonokromo.

“Dana telah dimasukkan dalam anggaran negara tahun 2015, ini dilakukan untuk mencegahnya penundaan,” katanya.

Transportasi akan melintasi 27 stasiun mulai dari stasiun Wonokromo ke Sono Kembang. Pembangunan trem ini juga merupakan yang pertama kali bagi Indonesia.

“Ini adalah yang pertama bagi Indonesia,” ucap Dedy.

Selain itu, sepanjang perjalanannya, Pemkot Surabaya telah berencana untuk mengembangkan monorel dengan memiliki panjang 24 kilometer.

“Kami juga berenaca untuk mengembangkan jarul monorel sepangan 24 kilometer,” kata Dedy.

Untuk monorail, proyek dimulai dari daerah Lidah Pendant sampai Keputih Depot. Akan ada 25 stasiun total dalam satu perjalanan.

“Investasi dalam pengembangan ini diperkirakan bernilai sekitar Rp 10 triliun,” sambung Dedy.

Direktur Transportasi Bappenas, Bambang Prihartono mengatakan studi pra-kelayakan untuk proyek-proyek ambisius pemerintah Surabaya saat ini masih terus dilakukan oleh pemerintah. Selain itu, ia juga mengatakan proyek tersebut akan tuntas dan bisa digunakan pada bulan September 2014.

“Kami akan mencoba untuk menyelesaikan pembangunan ini sampai September. Kami menghimbau rakyat dapat menikmati fasilitas ini, dan dapat mengurangi angka kemacetan dan polusi udara,” kata Bambang.

[adm/HD]

Tags: