Polri: Peringatan Keamanan Jakarta Berada di Tingkat Satu

Polri: Peringatan Keamanan Jakarta Berada di Tingkat Satu

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengatakan bahwa Jakarta akan tetap berada di bawah peringatan keamanan tingkat-1 sampai hari Senin, 25 Agustus 2014. Peringatan status keamanan pada tanggal 19 Agustus 2014, untuk mengantisipasi kemungkinan kerusuhan di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Saat ini, Jakarta masih di bawah peringatan keamanan tingkat-1. Kepala Polri dan Menteri Politik, Hukum, dan Keamanan telah memerintahkan untuk peringatan keamanan yang akan dipertahankan sampai Senin, itu berarti bahwa Polri masih siaga, siap untuk mengamankan proses yang kini sedang berjalan,” kata Kepala Polri humas Ronny F Sompie, Jumat (22/8)

Ronny mengatakan bahwa kepolisian akan bertanggung jawab untuk mengamankan seluruh tahapan proses pemilihan, dari awal sampai upacara pelantikan presiden terpilih pada 20 Oktober 2014 di Kompleks Parlemen (DPR / MPR).

Dia juga menambahkan bahwa polisi akan terus mengamankan semua bangunan dan kantor yang digunakan oleh penyelenggara pemilu dan instansi terkait lainnya – seperti Mahkamah Konstitusi (MK) dan Pemilu Panitia Komite Etik (DKPP).

“Jumlah aparat keamanan tidak akan sama besar seperti sebelumnya. Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah [KPUD] dan Pemilu Pengawas Badan [Bawaslu] di kabupaten dan kota lain masih di bawah pengawasan dari aparat keamanan,” katanya.

Namun, Ronny juga mengatakan bahwa jumlah personel Polri dikerahkan untuk mengamankan pelantikan tersebut, masih tetap sama, yakni 21,000.

“Dua puluh satu ribu staf Polri akan terus membantu Polda Metro Jaya untuk menjaga ketertiban di Jakarta. Mereka berada di bawah perintah langsung dari Kepala Polda Metro Jaya,” katanya.

[adm/HD]

Tags: