Jokowi Siap Kerucutkan 100 Nama Menteri

Jokowi Siap Kerucutkan 100 Nama Menteri

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Presiden terpilih Joko Widodo mengatakan ia akan mengamati sekitar 100 calon menteri untuk membantunya di kepemerintahan, dan telah menyewa agen khusus untuk membantunya memeriksa nama-nama tersebut.

“Badan agen khusus ini telah memberikan masukan kepada kami mengenai nama-nama. Ada ratusan dari mereka dan kita perlu mengerucutkannya,” ujarnya di Balai Kota.

Dia menambahkan akan kembali memanggil nama-nama lain untuk direview, setelah ia selesai memilih dari 100 nama tersebut.

Jokowi mengatakan masukan yang diberikan oleh lembaga termasuk nama, latar belakang pendidikan, riwayat pekerjaan, rekam jejak dan foto.

“Saya melihat mereka satu per satu, kita bisa melihat catatan di sana, di mana mereka lulus, rekam jejak mereka dan apakah mereka memiliki bakat manajerial,” katanya.

Mantan Gubernur Jakarta tersebut menjelaskan calon berasal dari beberapa latar belakang, dari akademisi dan praktisi untuk politisi. Jokowi, bagaimanapun, menolak keras mengungkapkan orang-orang di tim head-hunter dan hanya disebutkan bahwa badan tersebut adalah yayasan swasta.

“Yayasan pribadi, saya tidak akan mengungkapkannya,” katanya.

Presiden terpilih mengatakan kriteria yang diadopsi dalam memilih calon mencakup integritas yang kuat, kemampuan manajerial suara, kepemimpinan yang kuat dan bersih, dan track record yang luar biasa. Dia menambahkan nama-nama akan diteliti pada bulan September dan tim transisinya tidak akan terlibat dalam proses seleksi.

“Biarakan tim yang bekerja,” ucapya.

[adm/HD]

Tags: