Ternyata Menggunakan Kendaraan Umum Dapat Turunkan Berat Badan

Ternyata Menggunakan Kendaraan Umum Dapat Turunkan Berat Badan

HarianDepok.com – Kesehatan , Keputusan untuk memilih mode transportasi yang digunakan, ternyata memiliki hubungan dengan upaya mereka untuk menurunkan berat badan. Para peneliti di London menemukan bahwa orang yang menggunakan transportasi umum, seperti bus atau kereta api, perawakannya rata-rata lebih tipis daripada yang mengemudi kendaraan pribadi.

Penelitian yang dipublikasikan secara online di British Medical Journal yang melibatkan lebih dari 15.000 peserta. Dalam studi tersebut, peneliti mengukur indeks massa tubuh peserta, untuk pria rata-rata adalah 28, dan untuk wanita 27. IMT adalah berbagai jumlah jumlah lemak tubuh dengan menggunakan rasio berat dan tinggi badan. Orang-orang yang memiliki IMT 25-29,9 dianggap kelebihan berat badan.

Peneliti dari University College London dan London School of Hygiene dan Tropical Medicine menemukan, jika dibandingkan dengan orang yang mengemudi kendaraan pribadi, orang-orang yang keseharianya terbiasa menggunakan transportasi umum, rata-rata memiliki lebih rendah skor IMT.

Rata-rata orang yang menggunakan angkutan umum memiliki skor IMT sekitar satu poin di belakang mereka yang mengemudi kendaraan pribadi. Hasil IMT yang lebih kecil, itu juga berlaku bagi mereka yang digunakan untuk berjalan kaki dan bersepeda. Jika disinkronkan dengan berat bada, maka satu titik IMTadalah sekitar 3 kg.

Sementara itu, wanita yang menggunakan transportasi umum memiliki IMT 0,7 poin lebih rendah daripada mereka yang mengemudi kendaraan pribadi ke tempat kerja. Ini setara dengan 2,5 kilogram.

Para peneliti berharap temuan penelitian ini dapat memberikan implikasi penting bagi kebijakan transportasi dan kesehatan.

“Ada banyak manfaat dari perubahan pilihan transportasi umum,” kata peneliti.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: