Penjual Es Krim Anggota ISIS di Depok, Ternyata Juga Mantan Anggota RMS

Penjual Es Krim Anggota ISIS di Depok, Ternyata Juga Mantan Anggota RMS

HarianDepok.com – Berita , Andri Yudisprana (37) selaku Ketua RT 4/9 Kampung Mampang, Kemiri Muka, Depok, mengatakan bawha Firman Hidayat yang ditangkap karena menjadi salah satu anggota Negara Islam Irak dan Suriah, merupakan juga mantan anggota Republik Maluku Selatan.

“Dia seorang pejuang Mujahid dan pernah jadi salah satu anggota RMS” kata Andri saat ditemui di rumah Firman, pada Jumat, (22/8/14).

Menurut Andri, sebelum menjdi warga Depok tiga tahun lalu, ia merupakan penjaga post RMS di Ambon yang sering berpatroli.

Ia merasa pekerjaannya membosankan dan begitu-begitu saja, hingga pada akhirnya dia ingin kembali ke rumahnya di Bukit Duri, Jakarta.

“Tapi ketika ia ingin pulang, ia ditangkap dan dipukuli RMS. Diduga ia membelot dari RMS,.” Singkatnya.

Akibat dari pemukulan tersebut, Firman mengalami cedera di mulut, dan salah satu giginya rontok. Hal ini berhasil membawa pulang kelurgania ayahnya melalui jaringan, Firdaus Mudaharim Silalahi bekerja di bea cukai. “Dia akhirnya dipulangkan karena orangtuanya di pabean.”

Sebelum ia dikirim pulang dari Maluku ke Jakarta, penjual es krim tersebut hilang. Kata keluarganya diperkirakan telah meninggal.

“Ternyata diketahui ada di pelabuhan,” katanya.

Ahmad Kartiko selaku Kepala Kepolisian Resor Kota Depok membenarkan bahwa Firman pernah ke Ambon pada tahun 2001 untuk menjadi relawan. Namun, Ahmad menolak untuk detail relawan yang bersangkutan. “Hanya ada satu tahun ia disana, tapi nggak betah, dan kemudian balik lagi.”

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)