Benarkah Sabun Anti bakteri Malah Bikin Masalah Kesehatan?

Sabun Anti bakteri Malah Bikin Masalah Kesehatan

HarianDepok.com – Kesehatan , Orang-orang beralih ke sabun antibakteri karena mereka percaya bahwa sabun ini dapat bekerja secara efektif melawan kuman, tetapi Anda mungkin ingin memikirkan kembali pilihan Anda. Sebuah penelitian terbaru menyimpulkan bahwa sabun antibakteri tidak hanya efektif membunuh kuman, tetapi juga dapat merugikan Anda.

Orang yang menggunakan sabun antibakteri untuk mencuci tangan, terutama petugas kesehatan, malah akhirnya mengekspos tangan mereka ke tingkat yang tidak aman dari bahan kimia.

Salah satu bahan kimia tersebut adalah Triclosan, yang merupakan agen antibakteri sintetis. Triclosan ditemukan dalam banyak produk perawatan pribadi seperti sabun, pasta gigi, krim jerawat dan kosmetik. Kimia ini diduga menyebabkan masalah kesehatan dan saat ini sedang ditinjau oleh US Food and Drug Administration (FDA).

Penelitian mengatakan bahwa menggunakan sabun antibakteri seperti triclosan menyebabkan kulit untuk menyerap bahan kimia. Setelah menganalisis sampel urin dari orang-orang yang menggunakan sabun antibakteri, mereka menemukan tingkat tinggi triclosan dalam urin mereka. Penelitian ini kemudian mengklaim bahwa paparan bahan kimia tersebut dapat mengganggu hormon dan menyebabkan masalah perkembangan pada janin dan bayi baru lahir. Hal ini juga berspekulasi bahwa paparan triclosan mempromosikan pengembangan bakteri resisten antibiotik.

Para ahli merekomendasikan mencuci tangan dengan sabun biasa lebih baik daripada menggunakan sabun antibakteri. Penyabunan tangan dilakukan dengan menggosok agak lama, 20 detik sudah cukup untuk menjaga tangan Anda tetap bersih.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: