DK PBB Desak Israel-Palestina Untuk Lanjutkan Negosiasi

DK PBB Desak Israel-Palestina Untuk Lanjutkan Negosiasi

HarianDepok – Berita – Internasional , Dewan Keamanan PBB (DK PBB) pada Kamis mendesak Israel dan Palestina untuk kembali ke meja perundingan untuk menyepakati gencatan senjata abadi di Gaza.

Dalam sebuah pernyataan, 15 anggota dewan menawarkan dukungan penuh untuk inisiatif Mesir dan menyerukan kepada para pihak untuk melanjutkan perundingan dan segera mencapai gencatan senjata yang berkelanjutan dan abadi.

Pernyataan disusun oleh Perancis diadopsi setelah pembicaraan di Kairo berada di tepi tengah kekerasan baru dalam perang yang telah menewaskan lebih dari 2.000 warga Palestina sejak 8 Juli.

Para diplomat mengisyaratkan mereka akan siap untuk bergerak menuju respon kuat jika perdamaian Mesir yang dipimpin menemui jalan buntu.

“Urgensi hari ini adalah untuk menanggapi fakta bahwa pembicaraan tampaknya mogok dan telah terjadi kembali permusuhan, dan itu penting bagi Dewan Keamanan untuk menanggapi itu,” kata Duta Besar Inggris Mark Lyall Grant, yang menjabat sebagai dewan presiden.

Wakil Palestina untuk PBB Riyad Mansour mengatakan, pihaknya siap untuk kembali ke meja perundingan di Kairo.

“Kami ingin perdamaian dinegosiasikan berkelanjutan. Kami ingin menghentikan kekejian ini. Kami ingin kekerasan berakhir. Untuk melakukan itu, Israel harus menghentikan agresinya dan menyetujui kesepakatan. Ini bukan untuk kepentingan salah satu pohak saja, tapi untuk kepentingan semua pihak,” kata Mansour kepada wartawan di markas besar PBB di New York, seperti dikutip AFP.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)