Lima Tahun Kedepan, Jakarata Jadi Kota Layak Huni

Lima Tahun Kedepan, Jakarata Jadi Kota Layak Huni

HarianDepok.com – Properti , Jakarta akan berada dalam kota yang nyaman dan layak huni selama lima tahun ke depan. Berbagai upaya untuk mencapai tujuan ini sedang berlangsung dan terus mempercepat pelaksanaannya.

Demikian pula, Wakil Menteri Pekerjaan Umum, Hermanto Dardak, menggambarkan percepatan pembangunan infrastruktur dan peluang dalam kehidupan di kota Jakarta.

Menurut dia, Jakarta adalah cluster yang dirancang khusus untuk dapat bersaing dengan kota-kota lain di dunia.

“Dalam rangka meningkatkan daya saing, pemerintah akan meningkatkan pembangunan infrastruktur sebagai stimulus pertumbuhan ekonomi, produktivitas dan efisiensi kota,” kata Herman.

Herman menambahkan bahwa pembangunan infrastruktur, yang meliputi enam jalan di kota dibagi menjadi tiga tahap. Tahap yang pertama adalah Semanan-Grogol-Sunter sepanjang 20.320 kilometer yang terdiri dari Semanan-Grogol bagian pertama dan bagian kedua Grogol-Sunter.

Setelah itu adalah Sunter-Pulogebang yang membentang 9.440 kilometer. Fase ini diharapkan memakan waktu dalam hal perencanaan (desain rinci, pembebasan lahan) sampai pertengahan 2015 dan akan mulai dibangun pada awal 2016 dan selesai pada pertengahan 2018

Tahap kedua adalah ruas Duri Pulo-Kampung Melayu-Tomang sepanjang 12.650 kilometer yang dimulai pada pertengahan 2016 dan pertengahan 2018. Ruas jalan tol selanjutnya yang akan dilakukan pembangunan adalah Kemayoran-Kampung Melayu sepanjang 9,600 km, dan dimulai pada waktu yang sama.

“Pembangunan infrastruktur jalan sangat penting dan merupakan prioritas, karena akan menentukan produktivitas,” kata Hermanto.

Hermanto juga mengatakan, proporsi daerah perkotaan untuk jalan dan ruang publik 30 persen dari total luas kota. Nah, Jakarta adalah 6,5 persen, jauh dari proporsi ideal. Kota canggih seperti New York dan Kopenhagen mencapai 30 persen dan 20 persen.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: