Setelah Diumumkan, MK Tolak Gugatan Prabowo-Hatta

Setelah Diumumkan, MK Tolak Gugatan Prabowo-Hatta

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Mahkamah Konstitusi (MK) telah memutuskan untuk menolak gugatan yang diajukan oleh pasangan presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa terhadap hasil pemilihan presiden baru-baru ini. Keputusan itu dibacakan oleh Ketua MK Hamdan Zoelva sebelumnya malam ini, Kamis 21 Agustus 2014.

MK menyatakan bahwa sebagian besar argumen yang dibuat oleh tim Prabowo-Hatta pengacara hukum pada beberapa isu tidak dapat dibuktikan dan dibuat tanpa dasar hukum yang kuat. Pertimbangan hukum yang terkait dengan argumen ini dibacakan oleh Hakim Konstitusi Aswanto.

Misalnya, Aswanto menyatakan bahwa salah satu argumen yang dibuat oleh tim hukum Prabowo-Hatta terkait dengan penyalahgunaan Tambahan Pemilih Khusus List (DPKTb) yang kurang dalam bukti yang diperlukan. Selain itu, tidak ada bukti bahwa DPKTb ditempa untuk memberikan keuntungan bagi pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

MK telah memegang pengadilan pada sengketa pemilihan presiden sejak 6 Agustus 2014, dan telah memberikan keputusan tentang Kamis, 21 Agustus, 2014.

Sementara Mantan Kepala Badan Intelijen Nasional AM Hendropriyono mengabaikan protes dari aktivis hak asasi manusia mempertanyakan pengangkatannya sebagai penasihat dalam tim transisi Joko Widodo.

Sejumlah aktivis hak asasi manusia memprotes penunjukan Hendropriyno sebagai penasehat di tim transisi. Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KONTRAS) menuduh bahwa Hendropriyono terlibat dalam kasus pelanggaran HAM yang terkait dengan Tragedi Talangsari di Lampung dan pembunuhan Munir. Mereka ditagih janji Jokowi untuk menyelidiki kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia.

[adm/HD]

Tags: