Depok Deklarasikan Sebagai Kota Layak Anak “KLA”

Lagi, Depok Deklarasikan Sebagai Kota Layak Anak

HarianDepok.com – Berita , Anak adalah harta dan harapan pembangunan bangsa yang tak ternilai harganya. Oleh sebab itu, di Depok, Jawa Barat, merasa perlu untuk menyatakan komitmennya dalam menuju Kota Layak Anak (KLA).

Hal ini dikonfirmasi oleh anggota parlemen dan Ketua Pansus Perda Kota Layak Anak, Jeanne N Tedja. Perempuan yang biasa disapa Nana ini mengatakan, KLA dapat terwujud jika ada komitmen yang tinggi dari walikota, kerja keras semua stakeholder di Depok, sistem yang dibangun seperti Perda, Perwal, rencana aksi regional, dan kelompok tanggung jawab KLA (peran, tanggung jawab, dan fungsi) yang jelas.

“Forum KLA serta media yang juga ramah anak-anak, menurut Peraturan Daerah Nomor 15 Kota Depok tahun 2013 tentang pelaksanaan inti perkotaan anak.” Katanya pada pertemuan dengan media bersama Pemkot Depok.

Nana menjelaskan bahwa Pasal 22 dari perda KLA menyebutkan peran pers dan media salah satunya adalah untuk terus memperhatikan kode etik dalam setiap pemuatan berita.

Media Televisi, misalnya, harus berkomitmen melakukan kode etik untuk anak-anak yang melanggar dan melawan hukum, salah satu tindakannya adalah dengan penyamaran nama si anak baik rupa ataupun tubuh yang terlibat tindakan pelanggaran hukum.

“Korban perkosaan apalagi, maaf. Ketika ia tumbuh dewasa, orang akan ingat, sangat erat kaitannya dengan si dengan anak. Ini juga akan memperngaruhi Psikologis anak, yang sebenarnya memiliki masa depan yang panjang.” Katanya.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)