Penyakit Jantung Juga Bisa Disebabkan Oleh Patah Hati

Penyakit Jantung Juga Bisa Disebabkan Oleh Patah Hati

HarianDepok.com – Kesehatan , Ditinggal oleh kekasih pasti bisa membuat kita sedih dan stres. Hal ini tak jarang membuat sebagian orang, setelah kematian suami atau istri, mereka pun segera ikut meninggal. Fakta ini tentu sangat menyakitkan.

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kematian pasangan dapat menyebabkan risiko bagi kekasihnya. Salah satu fakta ini diterbitkan New England Journal of Medicine di tahun 2006, peningkatan risiko ini biasanya enam bulan setelah kematian kekasihnya.

Menurut Journal of Internal Medicine JAMA, ada orang-orang yang segera mengalami serangan jantung atau stroke beberapa minggu atau bulan setelah pasangan tersebut meninggal. Sebuah studi yang diterbitkan awal tahun ini juga mengatakan bahwa serangan jantung atau stroke mempengaruhi dua kali lebih besar.

“Kami biasanya menggunakankata ‘patah hati’ untuk merujuk pada rasa sakit kehilangan orang yang dicintai, dan penelitian kami menunjukkan bahwa sedih dari kehilangan seseorang yang dicintai akan memberikan efek langsung pada kesehatan jantung,” kata salah satu penulis jurnal, Dr Sunil Shah.

Sindrom patah hati juga dikenal sebagai stres kardiomiopati atau Takotsubo cardiomyopathy. Istilah ini diambil dari kata dalam bahasa Jepang yang berarti kapal untuk menangkap gurita. Dimana stress sementara ini ,bisa merubah bilik jantung disebelah kiri.

Pada orang tua, transformasi ini dapat menyebabkan gejala yang fatal bagi mereka. Karena dapat menyebabkan serangan jantung, patah hati juga dapat menyebabkan kematian bagi mereka yang lebih tua.

“Sebanyak tiga perempat dari orang yang didiagnosis dengan Takotsubo cardiomyopathy mengalami stres emosional atau fisik secara signifikan sebelum menjadi tak sehat,” katanya kepada BBC, Rabu (20/8).

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: