Ribuan Seniman Debus Ramaikan Festival Debus Banten 2014

Ribuan Seniman Debus Ramaikan Festival Debus Banten 2014

HarianDepok.com – Entertaiment , Sebanyak 2.000 seniman debus di Banten, Jawa Barat, Indonesia akan berpartisipasi dalam “Festival Debus Banten 2014” yang diselenggarakan oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten pada tanggal 23 Agustus 2014

Kepala Kebudayaan dan Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Endrawati, di Serang, Jumat mengatakan bahwa festival ini bertujuan untuk memecahkan rekor di Museum Rekor Indonesia (MURI). Acara ini akan diikuti oleh enam kabupaten di seluruh Banten. Dua daerah lain, kabupaten Tangerang dan Tangerang Selatan, tidak akan berpartisipasi dalam acara tersebut.

“Festival Debus Banten 2014 akan diselenggarakan pada 23 Agustus 2014 di Kabupaten Mercusuar, Anyar, Serang. Sebanyak 6 kabupaten / kota akan mengirimkan seniman debus dari beberapa tempat untuk menampilkan kreasi Debus Banten di depan anggota tim MURI, “kata Endrawati dalam sebuah pernyataan.

Dia mengatakan, setiap kabupaten akan mengirimkan perwakilan mereka untuk menampilkan kreasi debus mereka yang akan disaksikan langsung oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan perwakilan dari Kementerian Toursim dan Ekonomi Kreatif.

Menurut Endrawati, 2.000 seniman dari Banten berpartisipasi dalam festival terdiri dari 500 orang dari Kabupaten Serang, 500 dari Kabupaten Lebak, 400 dari Kota Cilegon dan 300 dari Kabupaten Pandeglang. Sementara Kota Tangerang dan Kota Serang belum mengkonfirmasi jumlah peserta yang akan berpartisipasi dalam festival.

Setiap wakil dari kabupaten yang berpartisipasi akan menampilkan kreasi debus mereka, dan tentu saja berbeda dari peserta lain sehingga orang-orang melihat acara akan tahu seni bela diri debus dengan semua kekayaannya.

“Debus memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dari ringan, sedang bahkan sampai yang ekstrim. Tapi kami hanya memberikan toleransi untuk tingkat ringan dan sedang. Kami khawatir bahwa jika terlalu ekstrim, kita akan menemukan hal-hal yang tidak kita inginkan,” kata Endrawati.

Festival Debus ini akan diselenggarakan hanya untuk satu malam. Festival ini dianggap penting karena debus telah menjadi warisan leluhur Provinsi Banten

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok