Penyakit ALS, Dibalik Pro Kontra Ice Bucket Challenge

Penyakit ALS, Dibalik Pro Kontra Ice Bucket Challenge

HarianDepok.com – Kesehatan , Akhir-akhir ini, di tengah fenomena Ice Bucket Challenge, dimana sebuah tantangan yang dilakukan dengan menyiram tubuh menggunakan ember berisi air es menjadi sorotan public. Meskipun kedengarannya berbahaya, tetapi tantangan ini dilakukan untuk tujuan yang mulia, yaitu menyumbangkan uang untuk penelitian ALS atau amyotrophic lateral sclerosis. Terlepas dari kontroversi Ice Bucket, tantangan ini telah membuka mata banyak orang tentang penyakit umum yang dikenal sebagai ALS atau penyakit Lou Gehrig.

Jadi, apa apa itu ALS? ALS adalah penyakit fatal yang menyerang saraf motorik. ALS ditandai dengan kelemahan pada lengan, kaki, tangan dan kaki. Gejala lain termasuk kesulitan menelan makanan, berjalan, atau berbicara.

Gejala penyakit ALS tidak menyakitkan dan jelek, tapi ALS melemahkan tubuh manusia perlahan-lahan dan stripping keterampilan motorik mereka secara bertahap. Sementara ILS akhir pasien yang terkena akan kehilangan kemampuan mereka untuk menggunakan lengan dan kakinya.

“Penyakit ini 100% sangat fatal. Sistem otak dari orang yang terkena ALS masih bisa berfungsi secara normal, tetapi mereka secara bertahap kehilangan kendali atas otot-otot dan tubuh mereka, sampai pada akhirnya mereka tidak bisa bernapas,” kata Cassie Barber dari ALS Asosiasi Alabama Chapter.

Sejauh ini, Asosiasi ALS telah melakukan penelitian mengenai penyakit dan memberikan perawatan serta dukungan untuk pasien yang terkena ALS. Obat untuk ALS sendiri belum ditemukan. Para dokter bahkan tidak tahu bagaimana untuk mengatasi serangan ALS yang berkembang dalam tubuh manusia.

“Jika seseorang didiagnosa menderita kanker, selalu ada cara untuk merawatnya. Apa yang harus dilakukan, apa yang harus dihindari. Begitu juga dengan penyakit lain seperti diabetes atau penyakit jantung. Namun untuk ALS, tidak,” tambah Barber.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: