Jakarta Gelar Tari Kisah Jayaprana dan Layonsari

Jakarta Gelar Tari Kisah Jayaprana dan Layonsari

HarianDepok.com – Entertaiment – Event , Sebanyak 11 penari dari grup tari Gigi Dance Company membawa kisah cerita rakyat dari Bali, “Jayaprana dan Layonsari” melalui tari kontemporer di Jakarta.

Direktur Artistik Gigi Dance Company, Gianti Giadi, mengatakan kisah cinta antara Jayaprana dan Layonsari sangat terkenal di Bali. Cerita ini mirip dengan Romeo dan Juliet Eropa.

“Kami menyajikan tari kontemporer dan balet. Tarian tradisional seperti agem, sedelet dan nyawir juga termasuk di dalamnya, “kata Gianti.

“Jika biasanya cerita rakyat hanya diberitahu melalui buku-buku, di sini, kami mencoba untuk memberitahu melalui tarian, yang menggabungkan tarian tradisional dan modern,” kata Gianti.

Dalam acara dengan durasi 30 menit, itu menceritakan seorang hamba dari Kalianget Raya yang dikenal karena kepandaian, lincah dan tampan, namanya Jayaprana.

Ini adalah bakat Jayaprana yang membuat Raja menganggapnya seperti anak sendiri. Ketika melihat bahwa Jayaprana sudah cukup tua, Raja memerintahkan hamba-Nya untuk mencari istri.

Jayaprana setuju untuk perintah kemudian pergi untuk mencari seorang istri. Akhirnya di pasar, ia bertemu dengan Layonsari. Karena kecantikan Layonsari ini, Jayaprana cepat jatuh cinta.

Dia akhirnya melamarnya. Layonsari juga tertarik dengan keberanian Jayaprana dan kepandaian dan menerima usulannya. Jayaprana kemudian dibawa Layonsari untuk bertemu dengan Raja untuk meminta restunya.

“Melalui pertunjukan ini, kami berharap masyarakat untuk lebih dekat dengan cerita rakyat yang ada di Indonesia,” kata Gianti. Jayaprana dan Layonsari adalah kisah tragedi antara dua orang jatuh cinta, ego manusia dan loyalitas seorang istri terhadap suaminya.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok