Jokowi Akan Fokus Pada Sektor Kesehatan Dan Pendidikan

Jokowi Akan Fokus Pada Sektor Kesehatan Dan Pendidikan

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Presiden terpilih Joko Widodo memprioritaskan sektor pendidikan dan kesehatan, karena ia mengklaim bahwa rancangan APBN 2015 cukup memiliki kelonggaran untuk mendanai semua proyek tersebut.

“Saya masih bisa bekerja pada sektor pendidikan dan kesehatan, tapi kelihatannya seperti tidak bisa direalisasikan dalam waktu dekat,” kata Jokowi di Balai Kota, Selasa (19/8).

Ia juga mengatakan, Jokowi mengklaim bahwa ia masih melakukan perhitungan yang diperlukan dalam kaitannya dengan proyek percontohannya, dengan mempertimbangkan keterbatasan dana yang tersedia dalam APBN 2015.

“Kami mencari ke dalam rincian sehingga kami dapat melakukan sinkronisasi anggaran dengan proyek yang kami rencanakan. Kita sudah memiliki estimasi awal, tetapi rincian yang kita perlu dikawatirkan adalah pengeluarannya,” jelasnya.

Jokowi juga mengatakan bahwa analisis lebih lanjut akan dilakukan setelah putusan Mahkamah Konstitusi pada tanggal 22 Agustus 2014.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Chatib Basri telah mengklaim bahwa RAPBN 2015 akan memberikan kelonggaran yang cukup bagipemerintahan baru untuk mendanai proyek-proyek mereka seperti yang dijanjikan dalam kampanye pemilihan mereka, sehingga angka awal adalah estimasi kasar yang harus cukup untuk menutupi biaya pemerintah dan menyediakan layanan publik dasar yang diperlukan.

Ekonomi global diperkirakan akan membaik setelah kemerosotan awal 2014 sebagai stimulus moneter oleh pemerintah di seluruh dunia yang membantu pemulihan ekonomi global. Namun, beberapa risiko terus mengancam pemulihan global, seperti konflik geopolitik yang terus mendorong harga minyak, perlambatan pertumbuhan ekonomi China, dan perubahan kebijakan di Amerika Serikat (AS) bank sentral (The Fed).

[adm/HD]

Tags: