500 Orang Terinfeksi HiV/AIDS, Bangka Belitung Pecahkan Rekor

500 Orang Terinfeksi HiV/AIDS, Bangka Belitung Pecahakan Rekor

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Wakil Gubernur Bangka Belitung khawatir bahwa sekitar 500 orang menderita HIV / AIDS di provinsinya. Menurutnya, sebagai provinsi yang baru dibentuk dengan populasi 1,2 juta, 500 orang adalah jumlah yang cukup besar.

“Untuk mencegah angka ini meningkat, kami ingin tokoh masyarakat dan agama untuk memainkan peran lebih besar dalam menyebarkan informasi tentang masalah ini,” kata Hidayat pada lokakarya AIDS bagi para pemimpin agama di Pangkalpinang, Selasa (19/8)

Pemerintah Provinsi Bangka Belitung juga akan bekerja sama dengan otoritas pelabuhan dan bandara untuk melakukan pemeriksaan kesehatan pada penumpang yang masuk pada titik-titik Bangka Belitung termasuk orang asing.

“Sebagai daerah pertambangan, Bangka Belitung merupakan magnet yang menarik orang dari daerah lain di Indonesia, maupun dari luar negeri,” kata Hidayat.

Dia bersumpah untuk meningkatkan anggaran yang dialokasikan untuk mitigasi HIV / AIDS dalam rangka untuk membantu menghentikan penyakit dari penyebaran lebih lanjut.

“Kita harus bertindak tegas karena ini menyangkut nyawa manusia. Sebagai infrastruktur di kawasan itu membaik, kita harus terus mencari masalah-masalah sosial yang datang di tempat ini,” tambah Hidayat.

Seorang pejabat Komisi Nasional AIDS Haliq Siddiq mengatakan bahwa mengkhawatirkan bahwa banyak masyarakat di Bangka Belitung yang masih tidak menyadari bahaya HIV / AIDS. Secara nasional, provinsi ini peringkat keempat terendah dalam hal kesadaran penyakit.

“Jumlah penderita relatif rendah, namun kesadaran masyarakat masalah ini sangat rendah. Jika ini terus berlanjut, jumlah penderita mungkin bisa melonjak,” kata Haliq.

[adm/HD]

Tags: