WHO Instruksikan Tiap Negara Lakukan Penyaringan Virus Ebola

WHO Instruksikan Tiap Negara Lakukan Penyaringan Virus Ebola

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta negara-negara yang telah terkena wabah Ebola untuk menyaring semua penumpang yang bepergian di luar perbatasan mereka dari bandara, pelabuhan dan terminal, dalam upaya untuk menghentikan penyebaran virus mematikan tersebut.

WHO tidak menentukan negara mana yang harus mematuhi peringatan, tetapi organisasi kesehatan internasional telah mencatat wabah Ebola di Guinea, Liberia, Sierra Leone, dan bagian dari Nigeria. Namun, WHO menyatakan bahwa negara-negara perlu memperkuat pertahanan mereka terhadap Ebola tanpa memaksakan pembatasan yang tidak perlu atau gangguan pergerakan penumpang internasional.

Di sisi lain, WHO juga menyarankan bahwa siapa pun yang datang, untuk membatasi perjalanan mereka. Wisatawan juga diminta untuk secara konsisten menjaga kebersihan mereka dengan mencuci tangan dan menghindari kontak langsung dengan cairan tubuh dari orang yang terinfeksi.

Sejumlah negara telah melarang penerbangan langsung ke negara-negara yang telah terkena epidemi Ebola. British Airways, Kenya Airways, dan sejumlah operator regional lainnya telah membatalkan penerbangan ke Sierra Leone dan modal Liberia, meskipun fakta bahwa risiko terkena virus Ebola dari udara sangat rendah – karena bukan merupakan virus udara, seperti Influenza atau TBC.

“Transmisi membutuhkan kontak langsung dengan yang terinfeksi darah, sekret, organ atau cairan tubuh lain dari pasien Ebola, mayat dan hewan yang terinfeksi, semua eksposur mungkin bagi wisatawan yang mendapatkan gejalanya,” kata sebuah pernyataan oleh Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO), yang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Selasa (19/8/14)

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)